Tiga Waktu Utama untuk Bersiwak

0
359

BincangSyariah.Com – Bersiwak adalah menggosokkan alat siwak pada bagian gigi atau sekitarnya yang disertai dengan niat teretentu. Sebaik-baik alat siwak adalah kayu zaitun, namun bersiwak juga bisa menggunakan kayu jenis lainnya yang memiliki tekstur halus seperti jenis pohon salvadora persica. Yang demikian agar bisa membersihkan bagian mulut dan tidak akan melukai gigi ataupun gusi.

Rasullulah menganjurkan ummatnua untuk bersiwak. Dalam redaksi hadis yang diriwaytakan oleh Imam Muslim, sabda Rasulullah:

لَوْلاَ أَنْ أَشُقَّ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ لأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ صَلاَةٍ .رواه مسلم

Seandainya aku tidak khawatir memberatkan kaum mukminin, niscaya aku akan memerintahkan mereka untuk bersiwak setiap hendak melakukan salat.” (HR. Muslim)

Jika bersiwak itu disunnahkan oleh Nabi, lantas apakah bersiwak itu hanya dikerjakan sebelum saja? Imam Abu Suja’  menjelaskan dalam Fathul Qarib sebagai berikut:

وهو في ثلاثة مواضع أشد استحبابا عند تغير الفم من أزم وغيره وعند القيام من النوم وعند القيام إلى الصلاة

Bersiwak sangat disunnahkan dalam tiga tempat, yaitu saat terejadi perubahan bau mulut, saat bangun tidur dan ketika hendak melaksanakan salat         

Keteranagan tersebut menyebutkan bahwa tiga waktu utama untuk bersiwak adalah ketika bau  mulut mulai berubah, bangun tidur, dan hendak menunaikan salat. Selagi bisa dan ada alat untuk bersiwak, hendaknya kita menggunakan tiga waktu itu untuk bersiwak. Menurut Erlina Sih Mahanani yang sudah melakukan riset perihal pembuktian dari segi ilmiah mengenai siwak, siwak memeliki manfaat yang sangat banyak bagi tubuh kita.. Disebutkan bahwa tidak hanya umat Islam saja yang tertarik untuk bersiwak, non muslim pun juga ada yang mengerti dan mau bersiwak juga.

Baca Juga :  Bolehkah Gabungkan Niat Mandi Junub dan Mandi Jumat?

Siwak bermanfaat sebagai anti bakteri. Kandungan mineral alami antibacterial acids membantu untuk penyegahan gigi berlubang dan memelihara kesehatan gusi. Selain itu, kandungan sodium bicarbonate, sulphur, vitamin C, trimethyl amine, salvodorine, dan fluoride juga bisa sebagai pencerah gigi. Dan yang akhir adalah membantu stimulasi air liur, sehingga produksi air liur akan lebh bersih dan terehindar dari pembusukan sisa-sisa makanan. Manfaat siwak yang banyak itu senada dengan penempatan waktu siwak yang sangat disunnahkan, yaitu saat bau mulut berubah, bangun tidur, dan hendak menunaikan salat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here