Tiga Waktu Terkabulnya Doa pada Bulan Ramadan

0
792

BincangSyariah.Com – Bulan Ramadan merupakan bulan istimewa yang dimuliakan Allah. Pada bulan ini Allah menurunkan banyak karunia-Nya, di antaranya adalah terkabulnya doa. Dalam hadis riwayat Imam Albazzar, Nabi Saw bersabda;

وَإنَّ لِكُلِّ مُسْلِم دَعْوَةٌ مُسْتَجَابَة يَدْعُوْ بِهَا فِيْ رَمَضَانَ

 “Setiap Muslim memiliki doa yang terkabulkan yang dia panjatkan di bulan Ramadan.”

Melalui hadis di atas, Nabi Saw. memberi kabar gembira kepada kita bahwa Allah akan mengabulkan doa kita di bulan Ramadan, siang maupun malam. Selayaknya kita memanfaatkan bulan Ramadan ini untuk memperbanyak memanjatkan doa kepada Allah, terlebih lagi di waktu-waktu khusus di bulan Ramadan yang telah disabdakan Nabi Saw.

Ada tiga waktu khusus dikabulkannya doa di bulan Ramadan sebagaimana disabdakan Nabi Saw.;

  1. Sepertiga malam atau pada saat sahur. Dalam hadis riwayat Imam Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Saw. bersabda;

يَنْزِلُ رَبُّنَا تَبَارَكَ وَتَعَالَى كُلَّ لَيْلَةٍ إِلَى السَّمَاءِ الدُّنْيَا حِينَ يَبْقَى ثُلُثُ اللَّيْلِ الآخِرُ يَقُولُ مَنْ يَدْعُونِى فَأَسْتَجِيبَ لَهُ مَنْ يَسْأَلُنِى فَأُعْطِيَهُ مَنْ يَسْتَغْفِرُنِى فَأَغْفِرَ لَهُ

Rabb kita turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga malam terakhir. Lantas Allah berfirman, ‘Siapa saja yang berdoa kepada-Ku, maka akan Aku kabulkan. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku beri. Siapa yang meminta ampunan kepada-Ku, maka akan Aku ampuni.”

Dari hadis ini, kita dianjurkan untuk memperbanyak doa di sepertiga malam terakhir. Ketika bulan Ramadan, bangun di sepertiga malam terakhir tidak berat karena bertepatan dengan waktu sahur. Selain bangun untuk sahur, maka selayaknya kita manfaatkan juga untuk memajatkan doa kepada Allah. Karena doa di sepertiga malam terakhir atau waktu sahur akan dikabulkan oleh Allah.

  1. Ketika sedang puasa di siang hari bulan Ramadan. Dalam hadis riwayat imam Ahmad dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;
Baca Juga :  Apakah Tertidur Saat Duduk Membatalkan Wudhu?

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Tiga orang yang doanya tidak tertolak: orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan doa orang yang dizalimi.”

Ketika berpuasa di siang hari bulan Ramadan, kita sangat dianjurkan memperbanyak doa kepada Allah mulai dari fajar sampai menjelang berbuka puasa. Dianjurkan pula ketika berdoa untuk mendoakan kebaikan bagi semua kaum Muslim, baik dalam urusan dunia maupun akhirat.

  1. Ketika berbuka puasa. Hal ini sebagaimana hadis Nabi Saw. riwayat Imam Tirmidzi;

ثَلاَثَةٌ لاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الإِمَامُ الْعَادِلُ وَالصَّائِمُ حِينَ يُفْطِرُ وَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

“Ada tiga orang yang doanya tidak ditolak: pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika berbuka, doa orang yang terzalimi.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here