Tiga Keutamaan Shalat Tahajud

1
1096

BincangSyariah.Com – Shalat tahajud adalah shalat yang dikerjakan pada malam hari setelah tidur. Rasulullah sangat setia dengan shalat ini. Sampai-sampai bila pada malam hari beliau  tidur atau sebab lainnya hingga beliau tidak shalat, pada siang harinya beliau akan shalat sebanyak dua belas rakaat.

Anjuran mengerjakan shalat tahajud banyak termaktub dalam dalam hadits Nabi. Diantaranya hadits dari ‘Abdullah bin Salam Radhiyallahu anhu, ia berkata, “Yang pertama kali aku dengar dari Rasulullah Saw. adalah sabda beliau:

يَااَيُّهَا النَّاسُ أفْشُوا السَّلَامَ، وَأطْعِمُوا الطَّعَامَ٫ وَصِلوا الارْحاَم، وصَلوْا باليْلِ والنَّاسُ نِيَامٌ، تَدْخُلُوا الْجنَّة بسَلَامٍ

“Wahai manusia, tebarkan salam, berilah makan, sambunglah tali silaturahmi dan shalatlah di malam hari saat manusia tertidur, niscaya kalian akan masuk ke dalam Surga dengan selamat.” (HR. At-Tirmidzi). At-Tirmidzi dalam kitab Shifatil Qiyamaah  mengatakan, hadits ini adalah shahih.

Sesuatu yang dianjurkan Rasulullah sudah pasti bermanfaat bagi umatnya. Berikut beberapa hadiah Allah terhadap orang yang mengerjakan shalat tahajud yang tertulis di dalam Al-Quran:

Pertama, nikmat yang tak terbatas. Firman Allah,

تَتَجَافَىٰ جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضَاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفًا وَطَمَعًا وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ. فَلَا تَعْلَمُ نَفْسٌ مَا أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ

Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, dan mereka selalu berdoa kepada Tuhannya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa-apa rezeki yang Kami berikan. Tak seorang pun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka atas apa yang mereka kerjakan.” (QS. as-Sajadah [32]: 16-17).

Kedua, digolongkan pada orang-orang yang bertakwa. Allah berfirman,

اِنَّ الْمُتَّقِيْنَ فِى جَنَّٰتٍ وَعُيُوْنَ، ءَاخِذِيْنَ مَٓا ءَاتٰهُمْ رَبُّهُمْ اِنَّهُمْ كَانُوْا قَبْلَ ذَالِكَ مُحْسِنِيْنَ، كَانُوْا قَلِيْلَا مِّنَ الَّيْلِ مَا يَهْجَعُوْنَ، وَبِالْأَسْحَارِ هُمْ يَسْتَغْفِرُوْنَ

Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam taman-taman (surga) dan mata air-mata air sambil menerima segala pemberian Tuhan merek. Sesungguhnya, mereka sebelum itu di dunia adalah orang-orang yang berbuat kebaikan. Di dunia, mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan selalu memohon ampunan di waktu pagi sebelum fajar.” (QS. adz-Dzariyat [51]: 15-18).

Baca Juga :  Bolehkah Niat Menjadi Imam Meski Belum Ada Makmum?

Ketiga, baginya tempat yang terpuji. Allah berfirman dalam al-Quran,

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَ عَسٰٓى اَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Dan pada sebagian malam hari, bertahajjudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. al-Isra’ [17]: 79)

Demikian beberapa hadiah Allah bagi orang yang shalat tahajud yang tertulis di dalam Kitab-Nya. Mudah-mudahan mulai malam ini kita bisa melaksanakan shalat tahajud secara Istiqomah meskipun hanya dua rakaat. Amin. Wallahu a’lam

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here