Tiga Hal Dimakruhkan Sebelum Hewan Kurban Disembelih

2
2258

BincangSyariah.Com – Hewan yang sudah dibeli untuk dijadikan kurban sudah berstatus sebagai hewan qurbah atau hewan bernilai ibadah. Oleh karena itu, ada hal-hal yang tidak boleh dilakukan pada hewan kurban, meski pada hewan lain selain hewan kurban boleh dilakukan. Ada tiga hal yang tidak boleh dilakukan pada hewan kurban sebelum disembelih.

Pertama, memerah air susu hewan kurban. Menurut ulama Hanafiyah, dimakruhkan mengambil air susu hewan yang sudah dibeli untuk dijadikan kurban, baik berupa unta, sapi atau kambing. Hal ini karena hewan tersebut sudah diniatkan untuk dijadikan kurban dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah, sehingga tidak boleh memanfaatkan bagian apapun dari hewan tersebut.

Selain itu, memerah air susu hewan yang hendak dijadikan kurban akan mengurangi kualitas daging hewan tersebut. Ulama sepakat bahwa apapun yang bisa mengurangi kualitas daging hewan kurban dilarang.

Jika sudah terlanjur air susu hewan kurban tersebut diperah, maka hukumnya wajib disedekahkan kepada orang lain dan tidak boleh diminum sendiri.

Kedua, mencukur dan mengambil bulu hewan yang hendak dijadikan kurban. Jika sudah terlanjur dicukur, maka harus disedekahkan kepada orang lain.

Ketiga, menggunakan hewan yang hendak dijadikan kurban untuk keperluan duniawi seperti digunakan untuk membajak sawah, dijadikan kendaraan, atau lainnya. Hewan yang hendak dijadikan kurban tidak boleh digunakan untuk keperluan apapun di luar tujuan ibadah kepada Allah.

Syaikh Wahbah Azzuhaili menyebutkan dalam kitabnya Alfiqhul Islami sebagai berikut;

ويكره لمن اشترى اضحية ان يحلبها او يجز صوفها اوينتفع بها ركوبا او حملا……..وان حلبها تصدق باللبن لانه جزء من شاة معينة للقربة وان ذبحها او جزها تصدق باللحم او بقيمته وبالصوف والشعر والوبر

Baca Juga :  Bolehkah Berkurban Atas Nama Lembaga?

“Bagi orang yang sudah membeli hewan sebagai kurban dimakruhkan memerah air susu hewan tersebut, atau memotong bulunya, atau memanfaatkannya sebagai kendaraan atau membawa barang. Jika dia memerah air susu hewan tersebut, maka harus mensedekahkan air susu tersebut karena susu tersebut bagian dari hewan yang sudah ditentukan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Jika menyembelih hewan tersebut atau memotong bulunya, maka dagingnya atau harganya harus disedekahkan, begitu juga bulunya harus disedekahkan.”

2 KOMENTAR

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, ini tentang penyembelian ayam yang hendak saya tanyakan, kalo hukum mewudhukan ayam sebelum disembeli apa benar diwajibkan? Makasih sebelumnya pak ustadz

  2. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu, ini tentang penyembelian ayam yang hendak saya tanyakan, kalo hukum mewudhukan ayam sebelum disembeli apa benar diwajibkan? Makasih sebelumnya pak ustadz

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here