Tiga Amalan Paling Utama di Muka Bumi

0
1515

BincangSyariah.Com – Dunia adalah tempat untuk berusaha. Kita hidup di dunia ini untuk berjuang. Dan terus berusaha dan dan berjuang hingga akhir hayat. Alam mengajarkan kita untuk terus bergerak. Seperti perputaran bumi dan planet lain yang mengitari matahari yang tidak pernah berhenti sampai hari kehancuran datang.

Selama nafas masih terkandung badan maka kita wajib berusaha. Berusaha menebar kebaikan. Berusaha mengharap ridho Allah dengan berupaya dengan segenap jiwa dan raga dalam melakukan aktivitas yang disukai oleh Allah.

“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan perbanyaklah ingat Allah supaya kamu beruntung. (Al-Jum’ah: 10).

Sehubungan dengan itu, ada tiga amalan paling utama di muka Nabi yang dalam satu riwayat bersumber dari Nabi Saw.,

وقال عليه الصلاة والسلام. أفضل الأعمال على ظهر الأرض ثلاثة. طلب العلم والجهاد والكسب من الحلال. . . (درة الناصحين:٨٥-٨٦)

Nabi bersabda: paling utamnya amal di muka bumi ada tiga: menuntut ilmu dan berjuang dan bekerja yang halal.

Ada tiga pekerjaan yang paling utama di muka bumi ini:

Pertama, menuntut ilmu. Menuntut ilmu adalah suatu kewajiban bagi setiap individu. Selama manusia mempunyai akal yang normal wajib hukumnya mencari ilmu khususnya ilmu tentang keagamaan.

عن أنس قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم : أطلبوا العلم ولو بصين فإن طلب العلم فريضة على كل مسلم. – رواه ابن عبد البر

Daripada Anas ia berkata: Rasulullah bersabda: tuntutlah ilmu walaupun ke negeri Cina, maka sasungguhnya menuntut ilmu itu wajib atas orang beriman.

Dan menurut saya sebetulnya menuntut ilmu bukan hanya masalah keakhiratan saja, ilmu kedunia pun menjadi suatu keharusan di zaman modern seperti sekarang ini. Selama ilmu itu positif dan digunakan dalam hal kebaikan maka itu akan bernilai ibadah dan tentunya berpahala.

Baca Juga :  Sedekahnya Orang Miskin

Kedua, berjuang. Seperti yang telah saya sampaikan sebelumnya bahwa dunia adalah tempat perjuangan. Perjuangan bukan hanya diartikan berperang melawan orang-orang kafir. Karena perjuangan sangat luas maknanya. Bisa diartikan sebagai perjuangan melawan hawa nafsu, bisa juga berjuang dalam amar ma’ruf nahi mungkar atau berjuang mengentaskan kebodohan, kemiskinan dan sebagainya.

Ketiga, mencari rezeki yang halal. Bekerja dengan cara-cara yang baik sesuai dengan ajaran Islam termasuk suatu kewajiban. Sebab makanan yang kita konsumsi akan sangat berdampak pada kualitas ibadah dan hidup kita.

“hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika kamu benar-benar hanya kepadaNya kamu menyembah. (QS. Al-Baqarah : 172).

Makanan yang bersih dan halal kemudian didapatkan dengan cara yang halal pula maka akan sangat berpengaruh pada nilai ibadah dan kehidupan kita. Di antara manfaatnya adalah beribadah semakin khusu’, ibadah akan diterima oleh Allah dan do menjadi cepat terkabul, hidup tenang, harta menjadi berkah dan sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here