Tidak Shalat Jumat Tanpa Uzur, Apakah Boleh Shalat Zuhur Sebelum Shalat Jumat Dilaksanakan di Masjid?

0
377

BincangSyariah.Com –Kadang ada seseorang yang sengaja meninggalkan shalat Jumat di masjid tanpa ada uzur yang dibenarkan oleh syariat. Ia meninggalkan shalat Jumat hanya semata-mata malas saja untuk pergi ke masjid dan menggantinya dengan shalat Zuhur di rumahnya. Apakah boleh dia melaksanakan shalat Zuhur sebelum shalat Jumat di masjid dilaksanakan?

Menurut ulama Syafiiyah dan Hanabilah, seseorang yang wajib melaksanakan shalat Jumat secara berjamaah di masjid, namun dia meninggalkannya tanpa ada uzur yang dibenarkan oleh syariat, maka dia wajib melakukan shalat Zuhur setelah shalat Jumat selesai dilaksanakan. Jika dia melakukan shalat Zuhur sebelum shalat Jumat selesai dilaksanakan, atau bersamaan dengan shalat Jumat, maka shalat Zuhur yang dia lakukan dinilai tidak sah.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab al-Fiqh ‘ala Mazahibil Arba’ah berikut;

من وجبت عليه الجمعة، وتخلف عن حضورها بغير عذر لا يصح أن يصلي الظهر قبل فراغ الإمام من صلاة الجمعة بسلامه منها، فلو صلى الظهر في هذه الحالة لم تنعقد، باتفاق الشافعية، والحنابلة

“Seseorang yang wajib melaksanakan shalat Jumat, namun dia meninggalkannya tanpa ada uzur, maka dia tidak sah melakukan shalat Zuhur sebelum imam selesai melaksanakan shalat Jumat dengan melakukan salam. Jika melaksanakan shalat Zuhur dalam waktu ini, maka shalatnya tidak sah menurut kesepakatan ulama Syafiiyah dan Hanabilah.”

Adapun bagi orang yang mempunyai uzur, seperti sakit, maka dia boleh melakukan shalat zuhur meskipun shalat Jumat belum dilaksanakan. Bahkan jika sakitnya diperkirakan  tidak akan sembuh hingga shalat Jumat selesai dilaksanakan, maka dia dianjurkan untuk melakukan shalat Zuhur di awal waktu.

Begitu juga dengan orang yang memang tidak wajib melaksanakan shalat Jumat, seperti perempuan, maka dia boleh melaksanakan shalat Zuhur di awal waktu meskipun shalat Jumat belum dilaksanakan.

Baca Juga :  Hukum Berbicara saat Khotbah Jumat Berlangsung

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab al-Fiqh ‘ala Mazahibil Arba’ah berikut;

أما من لا تجب عليه الجمعة كالمريض ونحوه صلاة الظهر منه، ولو حال اشتغال الإمام بصلاة الجمعة

“Adapun orang yang tidak wajib melaksanakan shalat Jumat, seperti orang sakit dan lainnya, maka dia boleh melaksanakan shalat Zuhur meskipun imam sedang melakasanakan shalat Jumat.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here