Tidak Pernah Salat, Apakah Boleh Disalati saat Meninggal?

0
1160

BincangSyariah.Com – Bagaimana jika ada orang Muslim yang diketahui tidak pernah salat, apakah boleh disalati saat meninggal?

Perlu diketahui bahwa orang Muslim yang sengaja meninggalkan salat wajib lima waktu di dalam Islam disebut dengan ‘ashi, atau orang yang durhaka kepada Tuhannya. Dia dinilai berdosa besar karena sengaja meninggalkan perintah Allah berupa salat wajib.

Meski demikian, jika dia meninggalkan salat karena malas, bukan karena mengingkari kewajiban salat dan menghalalkan meninggalkannya, maka dia tetap dihukumi sebagai Muslim dan Mukmin. Dia tidak keluar dari Islam hanya karena meninggalkan salat, meskipun dia berdosa besar karena telah melanggar perintah Allah.

Karena itu, jika dia meninggal, maka wajib bagi orang yang mengetahui kematiannya untuk mengurusnya seperti orang Muslim pada umumnya. Dia wajib dimandikan, dikafani, disalati dan dikuburkan di tempat kuburan orang-orang Muslim.

Hal ini sebagaimana telah ditegaskan oleh Ibnu Ruslan dalam kitabnya Azzubad berikut;

والغسل والتكفين والصلاة : عليه ثم الدفن مفروضات

“Memandikan, mengakafani, dan mensalati atas mayat Muslim, kemudian menguburkannya merupakan sebuah fardu atau kewajiban.”

Adapun jika dia diketahui meninggalkan salat karena mengingkari kewajibannya dan menghalalkan meninggalkannya dengan pernyataan yang jelas dan tegas, maka dia dinilai keluar dari Islam. Karena itu, jika diketahui belum bertaubat sebelum meninggal, maka dia tidak boleh disalati karena dinilai sebagai kafir secara i’tiqad atau keyakinan menurut kesepakatan para ulama.

Mengenai hal ini telah dijelaskan oleh Abu Abdillah Addimasyqi dalam kitabnya Rahmatul Ummah Fikhtilafil Aimmah berikut;

واجمعوا على ان من وجبت عليه من المكلفين ثم تركها جاحدا وجوبها كافر

“Ulama telah sepakat bahwa setiap orang yang telah wajib atasnya salat dari kalangan orang mukallaf, kemudian meninggalkannya kerena mengingkari kewajibannya, maka dia dihukumi kafir.”

Baca Juga :  Bolehkah Perempuan Salat Jenazah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here