Tidak Membaca Surah pada Rakaat Pertama dan Kedua, Bolehkah Membaca pada Rakaat Ketiga dan Keempat?

0
1219

BincangSyariah.Com – Salah satu perkara sunah yang dianjurkan untuk dilakukan dalam shalat, baik shalat fardhu maupun shalat sunah, adalah membaca surah al-Quran setelah membaca al-Fatihah pada rakaat pertama dan kedua. Adapun pada rakaat ketiga dan keempat tidak disunahkan. Namun bagaimana jika pada rakaat pertama dan kedua tidak membaca surah al-Quran, apakah boleh membacanya pada rakaat ketiga dan keempat?

Membaca surah al-Quran pada rakaat ketiga dan keempat tidak disunahkan, meskipun pada rakaat pertama dan kedua tidak membacanya. Oleh karena itu, jika kita melaksanakan shalat Dzuhur dan kita tidak membaca surah al-Quran pada rakaat pertama dan kedua, baik sengaja atau tidak, maka kita tidak dianjurkan untuk membacanya pada rakaat ketiga dan keempat.

Sebagian ulama menghukumi makruh membaca surah al-Quran pada rakaat ketiga dan keempat. Namun pendapat yang kuat mengatakan bahwa membaca surah al-Quran pada rakaat ketiga dan keempat tidak makruh, tidak pula menyalahi sunah, namun ia hanya sebatas tidak disunahkan saja.

Hal ini sebagaimana telah disebutkan oleh Imam Ibnu Hajar al-Haitami dalam kitab al-Minhaj al-Qawim berikut;

ويكره ….وقراءة السورة في الركعة الثالثة والرابعة من الرباعية والثالثة من المغرب وهذا ضعيف، والمعتمد أن قراءتها فيهما ليست خلاف الأولى بل ولا خلاف السنة وإنما هي ليست بسنة،

“Dan dimakruhkan membaca surah al-Quran pada rakaat ketiga dan keempat dari shalat yang memiliki empat rakaat dan tiga rakaat dari shalat Maghrib. Pendapat ini adalah lemah. Pendapat yang kuat adalah bahwa membaca surah al-Quran pada rakaat ketiga dan keempat tidak menyalahi perbuatan yang lebih utama, dan juga tidak menyalahi sunah. Ia hanya sebatas tidak disunahkan saja.”

Dalam kitab I’anatut Thalibin, Syaikh Abu Bakar Syatha juga mengatakan sebagai berikut;

Baca Juga :  Hukum Berpuasa Sepuluh Hari Pertama Bulan Muharam

و تسن في الركعتين الأولين من رباعية أو ثلاثة ولا تسن في الأخيرتين

“Disunahkan membaca surah al-Quran pada rakaat pertama dan kedua dari shalat yang memiliki empat atau tiga rakaat, dan tidak disunakah pada rakaat ketiga dan keempat.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here