Tidak Baca Amin Setelah Al-Fatihah Shalat, Apa Perlu Sujud Sahwi?

0
138

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bahwa hukum membaca Amin setelah Al-Fatihah adalah sunnah, baik di dalam shalat maupun di luar shalat. Namun bagaimana jika kita sengaja tidak baca Amin setelah Al-Fatihah dalam shalat, apakah kita perlu sujud sahwi?(Baca: Penyebab dan Tata-Cara Sujud Sahwi)

Kalimat Amin sangat berkaitan dengan surah Al-Fatihah, dan kalimat-kalimat doa lainnya. Hampir setiap kita membaca surah Al-Fatihah, baik di dalam shalat maupun di luar shalat, kita pasti membaca Amin setelahnya. Jarang kita meninggalkan membaca Amin setelah membaca surah Al-Fatihah, terutama dalam shalat.

Anjuran membaca Amin setelah surah Al-Fatihah, terutama dalam shalat, setidaknya bersumber dari hadis. Hadis pertama diriwayatkan oleh Imam Al-Tirmidzi dari Wail bin Hujr, dia berkata;

سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صلى الله عليه و سلم يَقْرَأُ : ( غَيْرِ الْمَغْضُوْبِ عَلَيْهِمْ وَلاَ الضَّالِّيْنَ ) فَقَالَ : آمِيْنَ مَدَّ بِهَا صَوْتَهُ

Aku mendengar Rasulullah Saw membaca ‘ghairil maghdhubi ‘alaihim waladhdhallin’, lalu beliau mengucapkan Amin, dengan memanjangkan suaranya.

Hadis kedua diriwayatkan oleh Imam Al-Thabrani dari Wail bin Hujr, dia berkata;

رَأَيْتُ رَسُوْلَ اللهِ دَخَلَ الصَّلاَةَ فَلَمَّا فَرَغَ مِنْ فَاتِحَةِ الْكِتَابِ قَالَ آمِيْنَ ثَلاَثَ مَرَّاتٍ

Aku melihat Rasulullah Saw masuk melaksanakan shalat, setelah beliau selesai membaca surah Al-Fatihah, beliau mengucapkan Amin tiga kali.

Meski Amin sangat berkaitan dengan surah Al-Fatihah, namun ia bukan bagian dari surah Al-Fatihah, dan mengucapkannya hanya sunnah, bukan wajib. Karena itu, menurut para ulama, terutama ulama Syafiiyah, jika kita sengaja meninggalkan membaca Amin setelah Al-Fatihah dalam shalat, maka shalat kita tetap sah, tidak batal dan tidak perlu melakukan sujud sahwi.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Mausu’ah Al-Fiqhiyah Al-Kuwaitiyah berikut;

Baca Juga :  Ragam Pendapat Ulama tentang Ziarah Kubur

المذاهب الاربعة على ان المصلي لو ترك امين واشتغل بغيرها لا تفسد صلاته ولا سهو عليه لانه سنة فات محلها

Menurut pendapat ulama empat madzhab, bahwa jika orang yang melaksanakan shalat meninggalkan mengucapkan Amin, dan ia sibuk membaca lainnya, maka shalat tidak rusak dan dia tidak perlu melakukan sujud. Ini karena membaca Amin adalah sunnah yang tempatnya sudah hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here