Tertinggal Takbir Salat Id, Makmum Harus Bagaimana?

0
833

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bersama bahwa disunahkan melakukan takbir zawaid di dalam salat Id, baik imam, makmum, atau salat sendirian. Pada rakaat pertama disunahkan takbir zawaid sebanyak tujuh kali, sementara pada rakaat kedua sebanyak lima kali. Lantas bagaimana jika ada makmum tertinggal takbir salat Id, atau biasa disebut takbir zawaid? Apakah masih disunahkan melakukannya sendiri?

Menurut pendapat Imam Syafii yang baru, jika ada makmum tertinggal takbir salat Id, sementara imam telah membaca surah Al Fatihah, maka hendaknya dia melakukan takbir takbiratul ihram saja dan tidak perlu melakukan takbir zawaid.

Bagaimana jika makmum datang pada saat imam telah melakukan beberapa takbir zawaid? Hendaknya dia melakukan takbiratul ihram dan mengikuti sisa takbir zawaid imam dan tidak perlu mengganti takbir zawaid yang ketinggalan. Imam Nawawi dalam kitab Almajmu mengatakan;

ولو أدرك الامام في أثناء الفاتحة أو قد كبر بعض التكبيرات الزائدة فعلى الجديد لا يكبر ما فاته

“Jika ada makmum yang mengikuti imam pada saat imam sedang membaca Al Fatihah, atau telah melakukan beberapa takbir zawaid, maka menurut pendapat Imam Syafii yang baru, dia tidak perlu mengganti takbir zawaid yang tertinggal.”

Bagaimana jika makmum mulai mengikuti imam saat sedang rukuk? Seluruh ulama sepakat bahwa dia harus langsung melakukan rukuk bersama imam dan tidak perlu melakukan takbir zawaid.

 ولوادركه راكعا ركعه ولا يكبرهن بالاتفاق

“Dan jika makmum mengikuti imam saat sedang rukuk, maka dia harus rukuk bersama imam dan tidak perlu melakukan takbir zawaid, sesuai kesepakatan para ulama.”

Bagaimana bila makmum baru mengikuti di rakaat kedua? Menurut pendapat Imam Syafii yang baru, dia harus melakukan takbir zawaid sebanyak lima kali bersama imam. Lalu setelah berdiri untuk rakaat kedua setelah imam salam, dia juga melakukan takbir zawaid sebanyak lima kali.

Baca Juga :  Hukum Mengangkat Tangan Saat Takbir Tambahan Salat Id

Dalam kitab Alfiqh ‘alal Mazahibil Arba’ah disebutkan;

غير ان الماموم اذا دخل مع الامام فى ركعة الثانية فانه يكبر معه خمسا غير تكبرة الاحرام فان زاد لا يتابعه، ثم يكبر فى الركعة الثانية التى يقضيها بعد سلام الامام خمس تكبيرات غير تكبيرة القيام

“Hanya saja jika makmum salat bersama imam di rakaat kedua, maka dia melakukan takbir zawaid sebanyak lima kali bersama imam selain takbiratul. Jika imam melakukan takbir zawaid lebih dari lima kali, maka dia tidak boleh mengikutinya. Kemudian mengganti rakaat kedua setelah imam salam dengan melakukan takbir zawaid sebanyak lima kali selain takbir untuk berdiri.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here