Terapi Kesehatan Jiwa dengan Shalat Tahajud

1
1988

BincangSyariah.Com – Shalat tahajud adalah salah satu ibadah mahdah yang dianjurkan bagi para muslim di malam hari, karena ibadah ini dapat mendatangkan efek yang luar biasa bagi para pengamalnya. Dalam sebuah hadis shahih dinyatakan bahwa Rasulullah tidak pernah meninggalkan shalat tahajud hingga beliau wafat. Dalam riwayat yang lain yang dikemukakan oleh Abu Hurairah, Rasulullah bersabda :

أَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ صَلاَةِ الْمَفْرُوْضَةِ، صَلاَةُ اللَّيْل

Salat sunah yang utama setelah salat fardhu adalah salat tahajud (H.R Abu Dawud)

Pentingnya shalat Tahajud tergambar juga dalam Firman Allah  :

يَا أَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ ، قُمِ اللَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا ، نِصْفَهُ أَوِ انقُصْ مِنْهُ قَلِيلًا

Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk sembahyang) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit (Q.S Al-Muzammil (73) : 1-3)

Allah juga menyebutkan tentang pentingnya shalat tahajud dalam firman-Nya yang lain, seperti dalam ayat berikut ini

وَمِنَ ٱلَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِۦ نَافِلَةً لَّكَ عَسَىٰٓ أَن يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُودًا

Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji. (QS. Al-Isra (17) : 79).

Pada ayat pertama, kita dianjurkan untuk bangun pada malam hari dan melaksanakan salat tahajud, selanjutnya melalui ayat kedua Allah menegaskah bahwa shalat tahajud sebagai ibadah tambahan yang dengan izin Allah dapat mengangkat derajat bagi yang menjalankannya.

Salat tahajud memiliki dua manfaat praktis, baik dilihat dari sudut pandang religius maupun kesehatan. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah dalam sebuah hadis : “shalat tahajud dapat menghapus dosa, mendatangkan ketenangan dan menghindarkan dari penyakit”

Dalam perspektif religius salat tahajud dapat menghapus doa, dan dalam perspektif kesehatan shalat tahajud akan mendatangkan ketenangan yang selanjutnya berpengaruh dengan kesehatan. Hal ini didukung oleh sebuah hasil penelitian yang dilakukan oleh Lieben P yang berjudul Neutransmiter dan Hormon dalam Psikoneuroimunologi. Dalam penelitian tersebut dikatakan bahwa ketenangan dapat meningkatkan ketahanan tubuh imunologik, mengurangi resiko penyakit jantung serta meningkatkan usia harapan.

Selanjutnya, menurut Guyton A.C dalam Texbook of Medical Phsycology, stres dapat menjadikan manusia rentan terhadap infeksi, mempercepat perkembangan sel kanker dan meningkatkan metastasis. Hal ini serupa dengan yang dikatakan oleh Abu Sangkan, seorang penulis buku bestseller yang berjudul Pelatihan Salat Khusyuk, dia mengatakan bahwa para ahli menemukan sebuah fakta timbulnya berbagai macam penyakit itu sesungguhnya berawal dari stress yang banyak dialami oleh orang modern saat ini.

Jika kita menelaah lebih jauh hadits beserta bukti-bukti kajian ilmiah di atas, dapat dikatakan para pengamal salat tahajud memiliki peluang yang lebih besar untuk mencapai kesehatan fisik maupun mental.

Mohammad Sholeh dalam bukunya Terapi Salat Tahajud menyatakan bahwa melalui hadist di atas secara tegas Rasulullah menyatakan adanya hubungan yang erat antara pengamalan salat tahajud dengan peningkatan kemampuan diri seseorang yang berupa ketenangan. Dengan kata lain, pengamal salat tahajud akan mendapatkan ketenangan batin yang dapat berpengaruh pada kesehatan fisiknya.

Apakah benar apabila kita melaksanakan shalat tahajud, kesehatan fisik dan mental kita akan terjamin?

Menurut kesimpulan sementara yang diberikan oleh Mohammad Sholeh, shalat tahajud justru menjadi sebuah ibadah yang tidak menyehatkan tubuh apabila dilakukan dengan tidak ikhlas atau terpaksa. Keterpaksaan inilah yang mengakibatkan kegagalan proses adaptasi terhadap perubahan irama sirkadian Irama sirkadian adalah irama kehidupan manusia yang memiliki siklus selama 24 jam untuk beradaptasi dengan lingkungan.

Kondisi psikis seseorang yang terpaksa dalam melakukan sesuatu akan menyebabkan terjadinya gangguan adaptasi terhadap irama sirkadian yang dapat mendatangkan sakit.

Namun ada sebuah pengecualian bagi anak yang masih dalam tahap belajar, karena dalam hal-hal kecil seperti cuci tangan, buang sampah dan lain sebagainya mereka harus dipaksa terlebih dahulu agar terbiasa, apalagi mengamalkan salat tahajud yang tingkatannya lebih sulit karena membuat mereka harus bangun malam.

Dari paparan di atas, kita dapat mengambil  point penting yakni shalat tahajud akan memberikan efek yang baik sebagai upaya preventif untuk menghindari stres dan menjaga  kesehatan tubuh bagi yang mengamalkannya. Namun, hal ini harus diikuti dengan niat yang ikhlas agar irama  dalam tubuh kita dapat bekerja dengan baik.

Semoga kita semua dapat mengamalkan shalat tahajud sebagai wujud ketakwaan kita kepada-Nya dengan penuh ikhlas, sehingga Allah akan memberikan kita kesehatan jasamnai dan rohani serta derajat yang tinggi di sisi-Nya, aamiin. Wallahu ‘alam.

1 KOMENTAR

  1. […] Melalui berbagai sumber, Wikipedia mencatat bahwa kesehatan jiwa atau mental adalah tingkatan dalam kesejahteraan psikologis atau keadaan di mana tidak ada gangguan jiwa dalam diri seorang manusia yang terdiri dari jiwa dan raga. Secara umum, kesehatan mental terdiri dari empat jenis kondisi yang dikategorikan dalam kondisi sehat, gangguan kecamaskan, stres, dan depresi. (Baca: Terapi Kesehatan Jiwa dengan Shalat Tahajud) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here