Tata Cara Sholat Taubat

5
84095

BincangSyariah.Com – Kita pasti pernah melakukan kesalahan dan dosa, baik kecil maupun besar, disengaja maupun tidak. Oleh karenanya, setiap kali kita berbuat kesalahan dan dosa, dosa kecil apalagi dosa besar, kita diperintahkan untuk segera bertaubat kepada Allah. Dalam surat al-Tamrin ayat 8, Allah berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا تُوبُوا إِلَى اللَّهِ تَوْبَةً نَصُوحًا

“Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubatan nasuha.”

Dalam sebuah hadis riwayat al-Tirmidzi dari Abu Bakar al-Shiddiq, dia berkata;

سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ : مَا مِنْ رَجُلٍ يُذْنِبُ ذَنْبًا ثُمَّ يَقُومُ فَيَتَطَهَّرُ ثُمَّ يُصَلِّي ثُمَّ يَسْتَغْفِرُ اللَّهَ إِلَّا غَفَرَ اللَّهُ لَهُ ثُمَّ قَرَأَهَذِهِ الْآيَةَ (وَالَّذِينَ إِذَا فَعَلُوا فَاحِشَةً أَوْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ ذَكَرُوا اللَّهَ فَاسْتَغْفَرُوا لِذُنُوبِهِم وَمَنْ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلاَّ اللهُ

“Tidaklah seseorang melakukan perbuatan dosa, kemudian ia berdiri bersuci dan sholat, lalu ia meminta ampun kepada Allah kecuali Allah pasti akan mengampuninya.” Kemudian beliau membaca ayat ini:“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka, dan tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa mereka kecuali Allah.”

Syekh al-Nawawi Al-Jawi menjelaskan dalam kitabnya Nihayah al-Zain, bahwa seseorang wajib segera bertaubat sesaat setelah dia melakukan dosa walaupun dosa kecil. Apabila dia menunda bertaubat, maka dia berdosa karena penundaan taubatnya tersebut. Salah satu wasa’il atau sarana dan perantara bertaubat adalah dengan melakukan sholat taubat terlebih dahulu.

Sholat taubat boleh dilakukan kapan saja, baik malam maupun siang, kecuali di waktu-waktu yang diharamkan. Bebarapa ulama mengatakan bahwa waktu paling utama untuk melaksanakan sholat taubat adalah pada 2/3 malam.

Baca Juga :  Hukum Melaksanakan Salat di Atas Genangan Air

Adapun niat dan tata cara pelaksanaan sholat taubat sebagai berikut.

أُصَلِّيْ سُنَّةَ التَّوْبَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَي

“Ushalli sunnatat taubati rok’ataini lillahi ta’ala”

“Saya niat sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.”

Setelah selesai sholat taubat, sangat dianjurkan untuk membaca istighfar sebagai bentuk permintaan maaf kepada Allah atas dosa-dosa yang telah diperbuat. Adapun bentuk bacaan istighfar tersebut sebagai berikut;

أسْتَغْفِرُ اللّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لا إلَهَ إلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ وَأتُوبُ إلَيْه

Astaghfirullahal ‘adzim alladzi lailaha illa huwal hayyul qayyum wa atubu ilaihi

Artinya “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

اللهم أنت ربي لا إله إلا أنت خلقتني وأنا عبدك وأنا على عَهْدِكَ َوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ وَأَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَعْتَرِفُ بِذُنُوبِي فَاغْفِرْ لِي ذُنُوبِي إِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Allahumma Anta Robbi, laa ilaaha illa Anta, holaqtani wa ana abduka, wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu, a’udzubika min syarri maa shona’tu, abu’u laka bi ni’matika ‘alayya wa abu’u laka bidzanbi faghfirlii fainnahu laa yaghfiru dzunuuba illa anta

”Ya Allah Engkau adalah Tuhanku, tidak ada sesembahan yang haq kecuali Engkau, Engkau yang menciptakanku sedang aku adalah hambaMu dan aku diatas ikatan janjiMu (yaitu selalu menjalankan perjanjianMu untuk beriman dan ikhlas dalam menjalankan amal ketaatan kepadaMu) dengan semampuku, aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuiMu atas nikmatMu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padaMu, maka ampunilah aku, sesungguhnya tiada yang boleh mengampuni segala dosa kecuali Engkau.”



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

5 KOMENTAR

  1. Judulnya tata cara tapi tidak di jelas kan dari awal sampai akhir , menurut saya tata cara itu mulai dari niat sampai bagaimana pelaksanaan sholatnya.
    1. Niat
    2. Takbir
    3. Dan seterusnya hingga salam.

    Jazakallah.

  2. Ini situs website yg tidak bisa dipertanggung jawabkan judul dan isinya seperti komentar prhl Sholat Taubat tsb.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here