Tata Cara Shalat Sunnah Ridha

0
22

BincangSyariah.Com – Di antara macam shalat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan adalah shalat sunnah yang disebut dengan shalat sunnah Ridha. Shalat ini bertujuan untuk mencari dan mendapatkan ridha dari Allah.

Shalat sunnah Ridha ini berjumlah dua rakaat dan dianjurkan untuk dikerjakan sebelum waktu shalat Isyak tiba. Habib Zain bin Sumaith dalam kitab Al-Nujum Al-Zahirah fi Al-Azkar mengatakan bahwa Imam Abdullah Al-Haddad biasa melaksanakan shalat Ridha ini sebelum Isya. (Baca: Tata Cara Shalat Sunnah Mutlak Ketika Terjadi Bencana)

Adapun tata cara pelaksanaan shalat sunnah Ridha adalah sebagai berikut;

Pertama, niat melaksanakan shalat sunnah dua rakaat dengan niat sebagai berikut;

اُصَلِّى سُنَّةً  لِطَلَبِ رِضَاءِ اللهِ رَكْعَتَيْنِ للهِ تَعَالٰى

Ushollii sunnatan li tholabi ridhoo-illaahi rok’ataini lillaahi ta’aala.

Saya shalat sunnah untuk mencari ridha Allah dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Kedua, setiap masing-masing rakaat, baik rakaat pertama dan kedua, setelah surah Al-Fatihah dianjurkan membaca ayat Kursi sekali dan surah Al-Ikhlas sebanyak tiga kali.

Di dalam kitab Al-Nujum Al-Zahirah fi Al-Azkar, Habib Zain bin Sumaith mengatakan sebagai berikut;

(فائدة) صلاة الرضا ركعتين بنية الرضا يقرأ في كل ركعة منها بعد الفاتحة اية الكرسي مرة والاخلاص ثلاثا. كان سيدنا الامام عبد الله الحداد رضي الله عنه يصليها قبل العشاء ويقول: يروى ان من صلاها بات وربه عنه راض

Faidah. Shalat Ridha berjumlah dua rakaat dengan niat mencari ridha Allah. Hendaknya dalam setiap masing-masing rakaat setelah surah Al-Fatihah orang yang shalat membaca ayat Kursi sekali dan surah Al-Ikhlas tiga kali. Sayid Abdullah Al-Haddad biasa melaksanakan shalat Ridha ini sebelum Isyak, dan beliau berkata; Diriwayatkan bahwa siapa saja melakasanakan shalat Ridha, maka dia bermalam sementara Tuhannya rida padanya.

Baca Juga :  Belum Bisa Bahasa Arab, Bolehkah Doa dan Zikir dalam Salat Menggunakan Bahasa Indonesia?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here