Tata Cara Shalat Sunnah Mutlak di Waktu Sahur

0
7

BincangSyariah.Com – Di dalam kitab Al-Nujum Al-Zahirah fi Al-Azkar, Habib Zain bin Sumaith mengatakan bahwa di antara shalat sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan, terutama di waktu sahur, adalah shalat sunnah Al-Battah. Shalat Al-Battah ini berjumlah empat rakaat dan faidahnya adalah semua dosa pasti diampuni oleh Allah.

Adapun tata cara melaksanakan shalat Al-Battah adalah sebagai berikut;

Pertama, niat melakukan shalat sunnah empat rakaat dengan niat sebagai berikut;

اُصَلِّى سُنَّةً لِغُفْرَانِ الذُّنُوْبِ اَلْبَتَّةَ اَرْبَعَ رَكَعَاتٍ للهِ تَعَالٰى

Usholli sunnatan li ghufroonidz dzunuubi al-battata arba’a roka’aatin lillaahi ta’aala.

Saya shalat untuk ampunan semua dosa empat rakaat karena Allah Ta’ala.

Kedua, setiap masing-masing rakaat setelah surah Al-Fatihah dianjurkan membaca ayat Kursi satu kali, dan surah Al-Ikhlas sebelas kali.

Menurut Habib Zain bin Sumaith, shalat ini berdasarkan riwayat yang bersumber dari Sayidina Abdullah bin Abbas. Dalam kitab Al-Nujum Al-Zahirah fi Al-Azkar, Habib Zain bin Sumaith berkata sebagai berikut;

(فائدة) هذه الصلاة المسماة بصلاة البتة روي في الحديث عن ابن عباس رضي الله عنهما ان من صلاها غفر الله ذنوبه البتة وهي ان تصلي اربع ركعات تقرأ في كل ركعة فاتحة الكتاب واية الكرسي مرة وقل هو الله احد احدى عشرة مرة

(Faidah). Shalat ini dinamakan shala Al-Battah. Diriwayatkan dalam sebuah hadis yang bersumber dari Ibnu Abbas bahwa sesungguhnya siapa saja yang melakukan shalat Al-Battah, maka Allah pasti mengampuni dosanya. Caranya adalah kamu shalat empat rakaat, dan kamu membaca pada tiap-tiap rakaat surah Al-Fatihah, ayat Kursi satu kali dan Qul huwallahu ahad (surah Al-Ikhlas) sebanyak sebelas kali.

Baca Juga :  Batalkah Salat Makmum yang Tidak Ikut Sujud Tilawah Imam?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here