Tata Cara Shalat Sunnah Mutlak di Hari Selasa

1
904

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, terdapat banyak amalan yang dianjurkan untuk kita kerjakan dalam keseharian kita, mulai dari amalan shalat sunnah, wirid dan doa yang diajarkan oleh Nabi Saw maupun oleh para sahabat serta para ulama. Jika kita memiliki kemampuan dan kelapangan, baik waktu maupun kesehatan, maka kita sebaiknya melakukan semua amalan-amalan tersebut. (Baca: Bolehkah Melakukan Shalat Tasbih Dua Kali Sehari?)

Di antara amalan yang dianjurkan untuk dikerjakan adalah melaksanakan shalat sunnah di mutlak hari Selasa. Imam Al-Ghazali menyebutkan dalam kitab Ihya’ Ulumiddin bahwa shalat sunnah di hari Selasa berjumlah sebanyak sepuluh rakaat. Shalat ini dikerjakan ketika matahari sudah meninggi hingga pertengahan hari.

Adapun tata caranya adalah niat melakukan shalat sunnah mutlak sebanyak sepuluh rakaat, dengan melakukan salam setiap dua rakaat. Pada setiap rakaatnya, setelah membaca surah Al-Fatihah dilanjutkan membaca ayat Kursi sekali, membaca surah Al-Ikhlas sebanyak tiga kali.

Sebagaimana disebutkan Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumiddin, anjuran melakukan shalat sunnah pada hari Selasa ini berdasarkan riwayat berikut;

روى يزيد الرقاشي عن أنس بن مالك قال قَالَ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى يوم الثلاثاء عشر ركعات عند انتصاف النهار وفي حديث آخر عند ارتفاع النهار يقرأ في كل ركعة فاتحة الكتاب وآية الكرسي مرة وقل هو الله أحد ثلاث مرات لم تكتب عليه خطيئة إلى سبعين يوماً فإن مات إلى سبعين يوماً مات شهيداً وغفر له ذنوب سبعين سنة

Yazid Al-Raqasyi meriwayatkan dari Anas bin Malik, dia berkata bahwa Rasulullah Saw bersabda; ‘Barangsiapa melaksanakan shalat sunnah pada hari Selasa sebanyak sepuluh rakaat di waktu pertengahan hari, dalam hadis lain di waktu hari (matahari) sudah meninggi, pada masing-masing rakaat membaca surah Al-Fatihah, ayat Kursi sekali, surah Qul huwallaahu ahad sebanyak tiga kali, maka kesalahannya selama tujuh puluh hari tidak ditulis, dan jika meninggal selama dalam tujuh puluh hari maka dia dicatat sebagai mati syahid dan dosa-dosanya diampuni selama tujuh puluh tahun.

Baca Juga :  Tips Shalat Agar Khusyu' Menurut Imam al-Ghazali

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here