Tata Cara Shalat Hajat

2
857

BincangSyariah.Com – Suatu hajat dapat tercapai di antaranya dengan berusaha dan berdoa kepada Allah dengan cara melaksanakan shalat. Tidak diragukan lagi bahwa shalat merupakan salah satu sarana paling baik agar keinginan dan hajat kita dikabulkan oleh Allah.

Ketika menghadapi suatu masalah dan ingin agar masalah tersebut segara diangkat, salah satu cara yang Nabi Saw. lakukan ialah dengan shalat. Abu Daud meriwayatkan sebuah hadis dari Hudzaifah, dia berkata;

كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ إِذَا حَزَبَهُ أَمْرٌ فَزَعَ إِلَى الصَّلَاةِ.

“Kebiasaan Nabi Saw ketika menghadapi kesukaran adalah segera melakukan sholat.”

Dalam al-Quran sendiri Allah memerintahkan kita memminta pertolongan dengan sabar dan shalat. Allah berfirman dalam surat al-Baqarah ayat 45;

وَاسْتَعِينُواْ بِالصَّبْرِ وَالصَّلاَةِ وَإِنَّهَا لَكَبِيرَةٌ إِلاَّ عَلَى الْخَاشِعِينَ

“Dan mintalah pertolongan ( kepada Allah) dengan sabar dan shalat. Dan sungguh yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang  khusyu’.”

Shalat ini kemudian oleh para ulama’ disebut dengan shalat hajat. Shalat hajat ini dimaksudkan untuk menyempurnakan ikhtiar  dalam mencapai suatu keinginan. Doa, usaha, ikhtiar, dan tawakal adalah kewajiban seorang muslim dalam menyikapi banyaknya tuntutan hidup di dunia.

Oleh karena itu, shalat hajat dan memohon kepada Allah dapat kita lakukan setiap hari dengan khusyu’ serta tanpa rasa bosan bila keinginan itu belum dikabulkan.

Shalat hajat berjumlah dua rakaat dengan niat sebagai berikut;

اُصَليْ سُنةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok’ataini lillaahi ta’aala (saya shalat sunnah hajat dua rakaat karena Allah) 

Dua rakaat tersebut dilakukan seperti shalat pada umumnya. Rakaat pertama membaca al-fatihah surah al-kafirun, dan rakaat kedua membaca al-fatihah dan surah al-ikhlas. Kemudian, setelah shalat hajat selesai dianjurkan membaca istighfar 100x, seperti kalimat istighfar biasa atau membaca istighfar berikut:

Baca Juga :  Salat Iduladha Sendirian, Apakah Disunahkan Khutbah?

اَسْتَغْفِرُ اللهَ اْلعَظِيْمَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ وَاَتُوْبُ اِلَيْهِ

Astagfirullahal ‘adzim min kulli dzanbin wa atuubu ilaiih.

Artinya: “Aku memohon ampunan kepada Allah dari dosa-dosa, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Setelah selesai membaca istighfar, maka  dilanjutkan dengan berdo’a kepada Allah  dengan membaca do’a shalat hajat berikut;

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيمُ الْكَرِيمُ، سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ، الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ، أَسْأَلُكَ مُوجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ، لاَ تَدَعْ لِي ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا، يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ

Laa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil’arsyil-‘adzim. Al-hamdu lillaaLaa illaaha illallaahul-haliimul-kaarim, subhaanallaahi rabbil’arsyil-‘adzim. Al-hamdu lillaahi rabbil-‘aalamiin. As’aluka muujibaati rahmatika wa ‘azaa’ima magfiratika wal -‘ismata min kulli dzambiw wal-ganiimata min kulli birriw was-salaamata min kulli istmin, laa tada’ lii dzamban illaa gafartahuu wa laa hamman illaa farrajtahuu wa laa haajatan hiya laka ridan illaa qadaitahaa yaa arhamar-raahimiin.

Artinya: “Tiada Tuhan yang berhak disembah selain Allah Yang Maha Penyantun lagi Mahamulia, Mahasuci Allah Tuhan yang memiliki Arsy yang besar. Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Aku memohon kepada-Mu hal-hal yang mendatangkan  rahmat-Mu dan hal-hal yang memastikan ampunan-Mu, dan terpelihara dari semua dosa yang menjarah setiap kebaikan dan selamat dari semua dosa. Janganlah Engkau tinggalkan suatu dosa pun bagiku, melainkan Engkau mengampuninya, dan tidak pula kesusahan melainkan Engkau berikan penawar kepadanya dan tidak pula suatu keperluan yang diridhai oleh-Mu melainkan Engkau memastikan buatku, wahai Yang Maha Penyayang diantara para penyayang.”

 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here