Tata Cara Shalat Hajat Agar Barang Hilang Cepat Kembali

2
1564

BincangSyariah.Com – Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa ketika kita kehilangan barang, agar barang tersebut segera dikembalikan oleh Allah, maka kita dianjurkan untuk shalat sunnah. Menurut para ulama, shalat sunnah ini berupa shalat hajat dua rakaat.

Berikut tata cara shalat hajat untuk barang hilang;

Pertama, niat shalat hajat berjumlah dua rakaat saat takbiratul ihram dengan niat sebagai berikut;

اُصَليْ سُنةَ الْحَاجَةِ رَكْعَتَيْنِ لِلهِ تَعَالَى

Ushollii sunnatal haajati rok’ataini lillaahi ta’aala.

saya shalat sunnah hajat dua rakaat karena Allah 

Kedua, pada rakaat pertama membaca Al-Fatihah, surah Al-Kafirun, dan rakaat kedua membaca Al-Fatihah dan surah Al-Ikhlas.

Ketiga, setelah salam membaca doa berikut;

بِسم الله يَا هادي الضلال وراد الضَّالة ارْدُدْ على ضالتي بعزتك وسلطانك فَإِنَّهَا من عطائك وفضلك

Bismillah ya haadiyadh dholal wa roddidh dhollati urdud ‘alayya dhollatii bi ‘izzatika wa sulthoonika fa innahaa min ‘athoo-ika wa fadhlika.

Dengan menyebut nama Allah, wahai Dzat yang memberi petunjuk orang yang kesasar, Dzat yang mengembalikan barang hilang, kembalikanlah barangku yang hilang dengan kemuliaan dan kekuasaan-Mu, sesungguhnya barang yang hilang itu merupakan pemberian-Mu dan anugerah-Mu.

Shalat dan doa ini berdasarkan hadis riwayat Imam Thabrani dan Ibnu Abi Syaibah dari Ibnu Umar, bahwa Nabi Saw bersabda;

ذا ضَاعَ لَهُ شَيْء أَو أبق يتَوَضَّأ وَيُصلي رَكْعَتَيْنِ ويتشهد وَيَقُول بِسم الله يَا هادي الضلال وراد الضَّالة ارْدُدْ على ضالتي بعزتك وسلطانك فَإِنَّهَا من عطائك وفضلك

Jika seseorang kehilangan seseuatu atau pergi, maka hendaknya dia wudhu, shalat dua rakaat, melakukan tasyahud dan kemudian berdoa; Bismillah ya haadiyadh dholal wa roddidh dhollati urdud ‘alayya dhollatii bi ‘izzatika wa sulthoonika fa innahaa min ‘athoo-ika wa fadhlika.

Baca Juga :  Apakah Duduk di Antara Dua Khutbah Wajib Thuma’ninah?

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here