Tata-cara Salat Idul Adha

0
1757

BincangSyariah.Com – Idul Adha merupakan salah satu hari raya Islam yang dirayakan setiap tanggal 10 Zulhijjah. Dalam merayakannya, kita dianjurkan untuk melaksanakan salat sunnah dua rakaat berjamaah, disertai khutbah setelah salat. Adapun tata-cara shalat Idul Adha adalah sebagaimana berikut:

Waktu pelaksanaannya adalah setelah terbitnya matahari kira-kira satu tombak sampai masuk waktu Zuhur.

Pertama, takbiratul ihram disertai dengan niat di dalam hati. Bagi imam niatnya adalah:

اصلي سنة لعيد الاضحى ركعتين اماما لله تعالى

Ushalli sunnatan li idil adha rakataini imaman lillahi ta’ala (Saya salat sunnah Iduladha dua rakaat menjadi imam karena Allah Yang Maha Luhur)

Kedua, membaca doa Iftitah. Ketiga, takbir tujuh kali (bukan termasuk dengan takbiratul ihram). Adapun di sela jeda antara takbir disunahkan membaca kalimat tayibah berikut:

سبحان الله والحمد لله ولا إله إلا الله والله أكبر

Subhanallah wal hamdulillah wa lailaha illa Allah wa Allahu Akbar (Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, Tidak ada Tuhan Selain Allah dan Allah Maha Besar)

Keempat, membaca surah Al Fatihah. Kelima, membaca surah dari Alquran, disunahkan pada rakaat pertama membaca surah Al A’la atau surah Qaf. Keenam, rukuk, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud dan sujud kedua kalinya seperti salat biasa.

Ketujuh, takbir lima kali (tidak termasuk dengan takbir intiqal/takbir karena perpindahan dari sujud ke posisi berdiri pada rakaat kedua). Dan di antara sela-sela jeda antara takbir satu dengan lainnya juga disunahkan membaca kalimat tayibah seperti di atas.

Kedelapan, membaca Al Fatihah. Kesembilan, membaca surah Alquran. Pada rakaat kedua disunahkan membaca surah Al Ghasyiyah atau surah Al Qamar. Kesepuluh, rukuk, iktidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, takhiyat akhir dan salam. Setelah itu, khatib maju ke depan untuk menyampaikan khutbah salat Iduladha.

Baca Juga :  Ketika Tak Temukan Air dan Debu, Apakah Orang Junub Tetap Wajib Shalat?

Terakhir, jika seseorang lupa melakukan takbir pada rakaat pertama tujuh kali dan pada rakaat kedua lima kali, maka salatnya tetap sah.

Demikianlah tahapan dalam tata-cara salat Iduladha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here