Tata Cara Lengkap Berdoa Setelah Wudhu

0
21

BincangSyariah.Com – Melakukan wudhu merupakan aktivitas harian setiap muslim. Setidaknya, setiap muslim melakukan wudhu sebanyak lima kali dalam sehari sebelum melaksanakan shalat wajib lima waktu. Umat Muslim juga biasanya berdoa setelah wudhu. Shalat tidak sah dilaksanakan kecuali dengan menghilangkan hadas kecil terlebih dahulu dengan cara melakukan wudhu. (Baca: Manfaat Wudhu untuk Kesehatan)

Dalam kitab Fathul Muin, Syaikh Zainuddin Al-Malibari menerangkan bahwa berdoa setelah berwudhu adalah sunnah. Menurut beliau, ada empat bacaan yang disunnahkan untuk dibaca setelah melakukan wudhu. Empat bacaan tersebut merupakan tata cara lengkap berdoa setelah wudhu. Keempat bacaan dimaksud adalah sebagai berikut.

Pertama, berdoa dengan menghadap kiblat, mengangkat kedua tangan dan mengarahkan pandangan ke atas. Doa yang dibaca sebagai berikut;

أَشْهَدُ أَنْ لآّاِلَهَ إِلاَّاللهُ وَحْدَهُ لاَشَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللّهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِىْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْن

Asyhadu allaa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariika lahuu wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhuu wa rasuuluhu, allahummaj’alnii minat tawwabiina waj’alnii minal mutathohhiriin.

Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusanNya. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bertobat dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang-orang yang bersuci.

Kedua, membaca shalawat dan salam kepada Nabi Saw dan keluarganya. Berikut bentuk paling sedikit lafadznya;

اّللّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمِّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allohumma sholli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin.

Ya Allah, limpahkan rahmat dan keselamatan kepada pemimpin kami, Nabi Muhammad Saw dan keluarganya.

Ketiga, membaca surah Al-Qadr sebanyak tiga kali. Surah ini dibaca dengan tetap menghadap kiblat, namun tanpa mengangkat kedua tangan dan mengarahkan pandangan ke atas.

Baca Juga :  Selain Ibadah Puasa, Ini Ibadah Sunah di Bulan Syawal

Keempat, setelah membaca surah Al-Qadr disunnahkan untuk membaca doa berikut.

اللهُمَّ اغْفِرْ لِي ذَنْبِي ، وَوَسِّعْ لِي فِي دَارِي ، وَبَارِكْ لِي فِي رِزْقِي

Allohummaghfirlii dzanbii wa wassi’lii fii daarii wa baariklii fii rizqii.

Ya Allah, ampunilah dosaku, dan lapangkanlah rumahku, dan berkahilah rizkiku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here