Bolehkah Tahallul dengan Cara Memotong Rambut Sendiri?

2
11

BincangSyariah.Com – Di antara kewajiban haji dan umrah adalah tahallul dengan cara mencukur rambut atau memendekkannya. Menurut ulama Syafiiyah, minimal rambut yang wajib dicukur atau dipotong adalah tiga helai rambut. Dalam mencukur atau memotong rambut saat tahallul, apakah boleh sendiri tanpa minta bantuan orang lain? (Baca: Doa Selesai Tahallul)

Menurut para ulama, mencukur atau memotong rambut saat tahallul hukumnya boleh dilakukan sendiri, begitu juga boleh minta bantuan kepada orang lain. Oleh karena itu, bagi jemaah haji dan umrah, mereka tidak harus minta bantuan orang lain untuk mencukur atau memotong rambutnya. Sebaliknya, mereka boleh melakukannya sendiri, baik dicukur habis sampai gundul atau hanya dipotong sebagian saja.

Di antara alasan yang dikemukakan oleh para ulama mengenai kebolehan mencukur atau memotong rambut sendiri ini adalah karena jika hal itu tidak boleh, maka para jemaah haji dan umrah senantiasa membutuhkan orang lain dalam melaksanakan ibadah, yaitu dalam mencukur atau memotong rambutnya, dan ini akan menyulitkan mereka dalam melaksanakan ibadah haji.

Ini sebagaimana telah disebutkan dalam Darul Ifta’ Al-Mishriyah berikut;

هل يجوز للمعتمر والحاج بعد انتهاء المناسك أن يحلقا لأنفسهما أو لغيرهما من المعتمرين والحجيج؟

يجوز لكلٍّ من الحاج والمعتمر أن يحلق لنفسه في التحلل من الإحرام؛ لعموم النصوص الشرعية الواردة في ذلك مِن مثل قوله تعالى: مُحَلِّقِينَ رُءُوسَكُمْ وَمُقَصِّرِينَ لَا تَخَافُونَ ولأن المنع من ذلك يقتضي الاحتياج إلى الغير في أداء هذه العبادة، وهذا لا مثيل له في العبادات.

Apakah boleh bagi orang yang umrah dan orang yang haji setelah selesai melaksanakan manasik haji untuk mencukur rambut mereka sendiri atau mencukur jemaah umrah dan jemaah haji yang lain?

Boleh bagi setiap orang yang haji dan orang yang umrah untuk mencukur rambut mereka sendiri saat tahallul dari ihram. Hal ini karena keumuman dalil-dalil syariat yang menjelaskan mengenai mencukur rambut saat tahallul, seperti firman Allah Ta’ala; Kalian mencukur rambut kalian dan memendekkannya, dan kalian tidak merasa takut. Selain itu, jika hal itu dilarang, maka akan membuat ketergantungan pada orang lain dalam melaksanakan ibadah, dan ini tidak ada dalam ibadah-ibadah yang lain.

2 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Menurut ulama Syafiiyah, rukun umrah ada empat. Pertama, ihram dengan niat melakukan umrah. Kedua, melakukan thawaf. Ketiga, melakukan sa’i antara bukit Shafa dan bukit Marwah. Keempat, tahallul dengan mencukur atau memotong rambut minimal tiga helai rambut. (Baca: Bolehkah Tahallul dengan Cara Memotong Rambut Sendiri?) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here