Tata Cara Shalat Sunnah Sebagi Bentuk Syukur Kepada Kedua Orang Tua

0
257

BincangSyariah.Com – Selain terdapat shalat sunnah birrul walidain sebagai bentuk berbakti kepada kedua orang tua, juga terdapat shalat sunnah li syukril walidain, atau shalat sunnah untuk bersyukur kepada kedua orang tua. Dalam Al-Quran disebutkan bahwa selain bersyukur kepada Allah, kita juga harus mengekspresikan syukur kepada kedua orang tua, di antaranya dengan melalui shalat sunnah.

Dalam buku Panduan Shalat Sunah Lengkap, KH. Muhammad Sholikhin menyebutkan bahwa tujuan shalat sunnah li syukril walidain ini adalah untuk mensyukuri nikmat Allah yang telah memberikan kenikmatan dalam bentuk jasa kasih sayang kedua orang tua.

Adapun tata cara pelaksanannya adalah sebagai berikut;

Pertama, niat melakukan shalat sunnah dua rakaat dengan niat sebagai berikut;

اُصَلٍّيْ سُنَّةَ الشُّكْرِ لِلْوَالِدَيْنِ رَكْعَتَيْنِ لِلَّهِ تَعَالَى

Usholli sunnatasy syukri lil waalidaini rok’ataini lillaahi ta’aala.

Saya shalat sunnah syukur untuk kedua orang tua dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Kedua, pada rakaat pertama dan kedua membaca surah Al-Fatihah, ayat Kursi satu kali, dan surah Al-Ikhlas tiga kali.

Ketiga, setelah salam kemudian dilanjutkan membaca doa berikut;

يَا لَطِيْفُ اُلْطُفْ بِيْ وَبِوَالِدَيَّ فِيْ جَمِيْعِ اْلاَحْوَالِ كَمَا تُحِبُّ وَتَرْضَى يَا عَلِيْمُ يَا قَدِيْرُ وَاغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ اِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ

Yaa lathiifu ulthuf bii wa biwaalidayya fii jamii’il ahwaali kamaa tuhibbi wa tardhoo. Yaa ‘aliimu yaa qodiiru waghfirlii wa liwaalidayya innaka ‘alaa kulli syai-in qodiir.

Ya Allah Yang Maha Lembut, lembutlah kepadaku dan kepada kedua orang tuaku dalam segala keadaan sebagaimana yang Engkau cintai dan Engkau ridhai. Wahai Dzat Yang Maha Mengetahui lagi Maha Berkuasa, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, sesungguhnya Engkau atas segala sesuatu sangat berkuasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here