Syarat-syarat Sujud Tilawah

0
489

BincangSyariah.Com – Sujud tilawah dilakukan ketika seseorang membaca atau mendengar bacaan ayat-ayat sajdah dalam Alquran. Menurut Imam Syafii, ayat-ayat sajdah dalam Alquran berjumlah empat belas. Biasanya dalam mushaf Alquran, ayat-ayat sajdah ini ditandai dengan tulisan assajdah dengan tulisan Arab di pinggir halaman sebaris dengan ayatnya. Lalu apa saja syarat sujud tilawah?

Menurut kebanyakan ulama, hukum melakukan sujud tilawah adalah sunah, tidak wajib. Hanya saja ketika seseorang membaca atau mendengar bacaan ayat-ayat sajdah, dia sangat dianjurkan sekali untuk melakukan sujud tilawah. Hal ini berdasarkan hadis riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah, dia berkata bahwa Nabi saw. bersabda;

إِذَا قَرَأَ ابْنُ آدَمَ السَّجْدَةَ فَسَجَدَ , اعْتَزَلَ الشَّيْطَانُ يَبْكِي , يَقُولُ: يَا وَيْلَهُ أُمِرَ ابْنُ آدَمَ بِالسُّجُودِ فَسَجَدَ فَلَهُ الْجَنَّةُ، وَأُمِرْتُ بِالسُّجُودِ فَأَبَيْتُ فَلِيَ النَّارُ

“Ketika anak Adam membaca ayat assajdah kemudian dia bersujud, maka setan menyendiri dan menangis. Setan berkata, “Celaka betul, anak Adam diperintah untuk bersujud dan dia pun bersujud, maka baginya surga. Dan aku telah diperintah untuk bersujud namun aku menolak, maka bagiku neraka.”

Menurut Imam Nawawi dalam kitab Attibyan fi Adabi Hamalatil Quran, syarat-syarat sujud tilawah sama persis dengan syarat-syarat melakukan salat sunah. Yang dimaksud sama dengan syarat-syarat salat sunah adalah sebagai berikut;

Pertama, suci dari hadas kecil maupun hadas besar. Jika dalam keadaan hadas, maka tidak boleh melakukan sujud tilawah.

Kedua, suci dari najis, baik badan, pakaian maupun tempat sujud. Jika salah satu dari tiga hal tersebut terkena najis, maka tidak sah sujud tilawahnya.

Ketiga, menghadap kiblat. Jika tidak menghadap kiblat, maka tidak sah sujud tilawahnya.

Keempat, menutup aurat. Jika laki-laki, harus menutup aurat di antara pusar dan lutut. Sementara perempuan seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan.

Baca Juga :  Apakah Orang yang Berhaji Tetap Dianjurkan Berkurban?

Jika empat syarat tersebut sudah terpenuhi, maka boleh melakukan sujud tilawah dan dinilai sah. Namun jika tidak memenuhi salah satu dari empat syarat di atas, maka tidak boleh, bahkan haram melakukan sujud tilawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.