Syarat Kesunahan Melakukan Sujud Tilawah

0
2105

BincangSyariah.Com – Kebanyakan ulama sepakat bahwa hukum melakukan sujud tilawah adalah sunah, tidak wajib. Sehingga jika kita membaca, mendengarkan atau mendengar ayat sajdah dari bacaan orang lain, kita disunahkan melakukan sujud tilawah. Namun, jika tidak melakukan juga tidak berdosa.

Meski demikian, kesunahan melakukan sujud tilawah ini harus memenuhi beberapa syarat yang telah ditetapkan oleh para ulama. Jika tidak memenuhi syarat yang telah ditetapkan, maka tidak disunahkan melakukan sujud tilawah.

Dalam kitab Attaqriratus Sadidah fi Masailil Mufidah disebutkan bahwa syarat kesunahan melakukan sujud tilawah ada enam sebagai berikut.

Pertama, dibenarkan dalam syariat untuk membaca Alquran. Jika tidak disyaratkan membaca Alquran kemudian membaca Alquran yang mengandung ayat sajdah, maka tidak disunahkan sujud tilawah. Misalnya, orang junub membaca Alquran yang mengandung ayat sajdah, maka dia dan orang yang mendengarkan tidak disunahkan sujud tilawah karena orang junub tidak dibenarkan membaca Alquran oleh syariat.

Kedua, sengaja membaca Alquran. Karena itu, jika orang tidur dan mabuk membaca Alquran yang mengandung ayat sajdah, maka dia dan orang yang mendengarkan tidak disunahkan sujud tilawah karena bacaan tersebut tidak disengaja oleh orang yang tidur dan mabuk tersebut.

Ketiga, membaca seluruh ayat sajdah. Jika yang dibaca hanya sebagian ayat sajdah, maka tidak disunahkan sujud tilawah.

Keempat, disunahkan sujud tilawah dari bacaan ayat sajdah satu orang saja. Jika dalam satu majlis terdapat dua orang yang membaca ayat sajdah yang sama, maka hanya disunahkan sujud tilawah dari bacaan satu orang, sementara sisanya tidak disunahkan.

Kelima, bacaan ayat sajdah dibaca di luar salat jenazah. Jika dibaca dalam salat jenazah, maka tidak disunahkan sujud tilawah.

Baca Juga :  Rukun Sujud Tilawah di Luar Salat

Keenam, jarak waktu antara bacaan ayat sajdah dan sujud tilawah tidak lama. Jika jeda waktunya lama, maka tidak disunahkan sujud tilawah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here