Hukum Menambah Doa di Tengah-tengah Ayat dalam Surah Yasin Fadhilah

0
483

BincangSyariah.Com –  Surah Yasin Fadhilah merupakan istilah untuk menyebut surah Yasin yang di antara ayat-ayatnya disisipi doa-doa tertentu. Doa-doa di antara ayat-ayat ini hanya tambahan dari para ulama, bukan bagian dari ayat-ayat Al-Quran. Dalam Islam, bagaimana hukum menambah doa-doa di tengah-tengah ayat seperti dalam surah Yasin Fadhilah ini?

Menambah doa-doa tertentu di tengah-tengah ayat, baik doa untuk mendatangkan kebaikan maupun untuk terhindar dari musibah, hukumnya adalah boleh. Kita boleh menambahkan doa di tengah-tengah ayat yang kita baca, bahkan hal ini telah dicontohkan oleh Nabi Saw.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam hadis riwayat Imam Nasai berikut;

عَنْ حُذَيْفَةَ أَنَّهُ صَلَّى إِلَى جَنْبِ النَّبِىِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَيْلَةً فَقَرَأَ فَكَانَ إِذَا مَرَّ بِآيَةِ عَذَابٍ وَقَفَ وَتَعَوَّذَ وَإِذَا مَرَّ بِآيَةِ رَحْمَةٍ وَقَفَ فَدَعَا وَكَانَ يَقُولُ فِى رُكُوعِهِ: سُبْحَانَ رَبِّىَ الْعَظِيمِ. وَفِى سُجُودِهِ: سُبْحَانَ رَبِّىَ الأَعْلَى

Diriwayatkan dari sahabat Huzaifah ra. bahwa dia melakukan shalat malam di samping Rasulullah Saw. Kemudian beliau membaca surah ketika sampai pada ayat yang menerangkan azab, beliau berhenti dan meminta perlindungan dan ketika sampai pada ayat yang menerangkan rahmat beliau berhenti dan berdoa meminta rahmat, ketika rukuk beliau membaca ‘Subhana rabbiyal ‘adzimi,’ dan ketika sujud beliau membaca ‘Subhana rabbiyal a’la.

Hadis ini menyebutkan bahwa Nabi Saw ketika membaca ayat tentang azab, beliau berhenti dan berdoa mohon perlindungan kepada Allah. Begitu juga ketika beliau membaca ayat rahmat, beliau berhenti dan berdoa mohon limpahan rahmat kepada Allah. Ini menunjukkan bahwa menambahkan doa-doa tertentu di tengah-tengah ayat, seperti dalam surah Yasin Fadhilah, hukumnya boleh, bahkan termasuk bagian dari sunnah Nabi Saw.

Baca Juga :  Membagikan Daging Hewan Kurban Kepada Non-Muslim

Oleh karena itu, membaca surah Yasin Fadhilah diperbolehkan, bahkan disunnahkan. Tidak ada larangan dalam syariat untuk membaca Yasin Fadhilah mengingat kandungan di dalamnya berisi ayat Al-Quran, zikir dan doa-doa. Membaca zikir dan kalimat doa-doa di antara ayat-ayat surah Yasin atau surah lainnya hukumnya boleh dan termasuk sunnah Nabi Saw. Sebab hal ini pernah dilakukan Nabi Saw sebagaimana disebutkan dalam hadis di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here