Surah yang Disunahkan Dibaca Saat Salat Jumat

0
2153

BincangSyariah.Com – Di hari Jumat ini, tentu kita tahu bagi umat Islam disyariatkan untuk melaksanakan salat Jumat. Salat Jumat hukumnya adalah wajib bagi laki-laki. Dalilnya adalah keumuman perintah dalam surah al-Jum’ah: 9, yaitu “jika kalian telah dipanggil untuk melaksanakan shalat jumat, maka bersegeralah untuk mengingat Allah”. Islam mencela sekali laki-laki yang tidak uzur sama sekali kemudian tidak melaksanakan salat Jumat. Karena posisi salat Jumat setara dengan salat Zuhur.

Setelah kita mendengarkan khutbah, kita melaksanakan salat Jumat yang berjumlah dua rakaat. Kemudian, pertanyaannya adalah adakah surah yang disunnahkan dibaca saat salat Jumat?

Setidaknya, ada dua hadis yang secara eksplisit menyebutkan surah apa yang dibaca Nabi saw. saat melaksanakan salat Jumat. Hadis pertama berasal dari Imam Muslim dari Nu’man bin Basyir ra.

عن النعمان بن بشير قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يقرأ في العيدين وفي الجمعة بسبح اسم ربك الأعلى وهل أتاك حديث الغاشية

dari Nu’man bin Basyir Ra. ia berkata: Rasululullah saw. saat salat Id (idul fitri dan idul adha) dan salat Jumat pernah membaca surah Sabbihisma Rabbika (surah al-A’la) dan Hal Ataaka Hadits al-Ghasiyah (surah al-Ghasyiyah) (H.R. Muslim)

Dalam hadis lain, diantaranya juga diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Ibn ‘Abbas ra., bahwa Nabi saw. di salat Jumat membaca surah al-Jum’ah dan al-Munafiqun. Berikut ini hadisnya,

 وأن النبي صلى الله عليه وسلم كان يقرأ في صلاة الجمعة سورة الجمعة والمنافقين

bahwasanya Nabi saw. dalam salat Jumat itu membaca surah al-Jum’ah dan al-Munafiqin

Meskipun ada dua redaksi yang berbeda sama sekali, menurut Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim bahwa kedua hadis tersebut tetap sahih dan tidak perlu dipertentangkan. Maknanya adalah Nabi saw. terkadang membaca surah A’la dan al-Ghasyiyah, terkadang juga membaca surah al-Jum’ah dan al-Munafiqun, dan terkadang juga membaca surah Qaf dan al-Qamar. Jika seorang imam tidak membaca surah-surah tersebut dan membaca surah yang lain, salat Jumat yang dilakukan tetap sah. Wallahu A’lam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here