Surah yang Dianjurkan Dibaca saat Shalat Sunnah Fajar

0
2300

BincangSyariah.Com – Shalat sunnah fajar atau shalat sunnah qabliyah shubuh merupakan shalat sunnah yang sangat dianjurkan atau sunnah muakkadah. Dalam sebuah hadis Rasulullah saw menyebutkan keutamaan shalat sunnah fajar

ركعتا الفجر خير من الدنيا وما فيها

“Dua rakaat shalat sunnah fajar lebih baik dari dunia dan isinya”. (HR. Muslim)

Dalam kitab I’anatut Thalibin, berikut surah-surah al-Quran yang dianjurkan untuk dibaca dalam shalat sunnah fajar;

وقراءة الكافرون والإخلاص فيهما أي السورة الأولى في الركعة الأولى والثانية في الثانية لخبر مسلم وغيره من الغير ما رواه البيهقي عن عائشة رضي الله عنها نعم السورتان هما تقرآن في الركعتين قبل الفجر قل يأيها الكافرون وقل هو الله أحد

“Membaca surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlas dalam keduanya yakni surah pertama di rakaat pertama dan surah kedua di rakaat kedua karena hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dan lainnya sebagaimana pula diriwayatkan oleh Imam Al-Baihaqi dari sayyidah ‘Aisyah ra; sebaik-baiknya surah yang dibaca dalam dua rakaat shalat sunnah fajar adalah surah Al-Kafirun dan Al-Ikhlas”

وورد أيضا فيهما آية البقرة وهي قوله تعالى قولوا آمنا بالله وما أنزل إلينا وما أنزل إلى إبراهيم وإسماعيل وإسحاق ويعقوب والأسباط وما أوتي موسى وعيسى وما أوتي النبيون من ربهم لا نفرق بين أحد منهم ونحن له مسلمون وآية آل عمران وهي قوله تعالى { قل يا أهل الكتاب تعالوا إلى كلمة سواء بيننا وبينكم ألا نعبد إلا الله ولا نشرك به شيئا ولا يتخذ بعضنا بعضا أربابا من دون الله فإن تولوا فقولوا اشهدوا بأنا مسلمون

“Dan disebutkan pula bahwa surah yang dianjurkan untuk dibaca dalam dua rakaat fajar adalah  ayat al-Baqarah yaitu (katakanlah, Kami beriman kepada Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami, dan kepada apa yang diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub, dan anak cucunya, dan kepada apa yang diberikan kepada Musa dan Isa serta kepada apa yang diberikan kepada nabi-nabi dari Tuhan mereka, Kami tidak membedak-bedakan seorang pun di antara mereka, dan kami berserah diri kepada-Nya) dan ayat Ali Imran yaitu (katakanlah (Muhammad), Wahai Ahli Kitab! Marilah (kita) menuju kepada suatu kalimat (pegangan) yang sama antara kami dan kamu, bahwa kita tidak menyembah selain Allah dan kita tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun, dan bahwa kita tidak menjadikan satu sama lain tuhan-tuhan selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah (kepada mereka), saksikanlah, bahwa kami adalah orang Muslim)”.

Di kitab tersebut disebutkan juga bahwa dianjurkan dalam shalat sunnah fajar membaca dua surah alam yaitu alam nasyrah dan alam tara.

وأن من داوم على قراءتهما أي ألم نشرح وألم تر فيهما أي في الركعتين زالت عنه علة البواسير وقيل أن من داوم عليهما فيهما لايرى شرا ذلك اليوم أصلا ولذا قيل من صلاهما بألم وألم لم يصبه في ذلك اليوم ألم وقال الغزالي في كتاب وسائل الحاجات بلغنا عن غير واحد من الصالحين من أرباب القلوب أن من قرأ في ركعتي الفجر ألم نشرح لك وألم تر قصرت عنه يد كل عدو ولم يجعل لهم عليه سبيلا وهذا صحيح مجرب بلا شك.

Baca Juga :  Anjuran Dan Keutamaan Berbagi Takjil

“Orang yang mendawamkan membaca surah Al-Insyirah dan Al-Fill dalam dua rakaat shalat sunnah fajar akan terhindar dari penyakit bawasir (ambeien), disebutkan pula bahwa orang ia tidak akan melihat kejelekan sama sekali pada hari itu. Orang yang shalat dua rakaat fajar dengan surah alam maka pada hari itu ia tidak akan ditimpa penyakit. Imam Ghazali dalam kitabnya Wasailul Hajat dinukil dari perkataan orang yang shalih bahwa orang yang membaca dua surah alam pada shalat sunnah fajar dijauhkan dari tangan musuh dan tidak akan ada jalan bagi musuh tersebut untuk mendatanginya. Dan hal tersebut benar dan mujarab tanpa diragukan.”

Demikianlah surah-surah yang dianjurkan para ulama untuk dibaca ketika shalat sunnah fajar. Wallahu A’lam bis Showab.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here