Surah Alquran yang Sunah Dibaca pada Hari Arafah

0
2619

BincangSyariah.Com – Sebagai umat Muslim, kita sangat dianjurkan untuk mengisi hari Arafah dengan berbagai macam ibadah, mulai dari puasa, memperbanyak doa, zikir, dan amal saleh lainnya. Dan di antara amal saleh yang dianjurkan untuk dilakukan di hari Arafah adalah membaca surah-surah tertentu di dalam Alquran.

Di dalam kitab Kanzun Najah Was Surur disebutkan, pada hari Arafah setiap umat Muslim dianjurkan untuk membaca surah Al Ikhlas sebanyak seribu kali. Jika seseorang melakukan hal tersebut, maka semua permintaannya akan terkabul.

Hal ini berdasarkan riwayat yang bersumber dari Ibnu Abbas;

مَنْ قَرَأَ قُلْ هُوَ اللهُ اَحَدٌ اَلْفَ مَرَّةٍ يَوْمَ عَرَفَةَ أُعْطِيَ مَا سَأَلَ

“Barangsiapa membaca surah Al Ikhlas sebanyak seribu kali di hari Arafah, maka dia akan diberi apa yang diminta.”

Selain itu, pada hari Arafah dianjurkan membaca surah Al Hasyr sebanyak-banyaknya. Hal ini sebagaimana dikatakan oleh Al Mawardi dalam kitab Alhawi berikut;

وَيُسْتَحَبُّ أَنْ يُكْثِرَ مِنْ قِرَاءَةِ سُورَةِ الْحَشْرِ فَقَدْ رُوِيَ ذَلِكَ عَنْ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ

“Disunahkan membaca surah Alhasyr sebanyak-banyaknya, sebagaimana diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib tentang hal itu.”

Melalui penjelasan di atas, setidaknya ada dua surah Alquran yang perlu kita baca pada hari Arafah, yaitu surah Al Ikhlas sebanyak seribu kali dan surah Al Hasyr sebanyak-banyaknya. Semoga kita diberikan kemampuan oleh Allah untuk membaca kedua surah tersebut di hari Arafah.

 

Baca Juga :  Bagaimana Hukum Memotong Kuku di Siang Hari pada Bulan Ramadan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here