Sunah-Sunah Sebelum Berhubungan Intim

4
2469

BincangSyariah.Com – Pernikahan adalah salah satu ibadah yang perasaan nikmatnya lebih besar dibandingkan perasaan terbebaninya. Dimulainya kehidupan baru, setelah ada pasangan membuat sepasang manusia belajar saling menghargai dan memahami kekurangan masing-masing.

Namun, rasa berbahagia saat setelah melangsungkan acara pernikahan jauh lebih dominan dibandingkan pemahaman untuk menghargai kekurangan masing-masing.

Salah satu kenikmatan yang paling terlihat lewat syariat pernikahan adalah dapat melakukan hubungan intim dengan lawan jenis secara halal (dibenarkan dalam syariat).

Namun, sebelum asyik masuk ke dalam ibadah tersebut, seyogyanya seorang suami memperhatikan adab-adab yang perlu dilakukan sebelum berhubungan intim dengan istri. Berikut-adab-adab yang penulis kutipkan dari kitab Qurratu al-‘Uyun bi Syarh Nazhm Ibn al-Yaamuun karya Muhammad al-Tuhami al-Madani al-Fasi,

Pertama, membersihkan hati Sebelum menemui pasangan untuk melakukan hubungan intim, seseorang semesti membersihkan hati dengan cara bertaubat dari segala dosa dan aib. Sehingga, ia menemui pasangan dalam keadaan suci dan bersih.

Dari sana, mudah-mudahan ia mencapai apa yang disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw. Dalam hadis riwayat al-Bayhaqi dari Anas bin Malik Ra.: “siapa yang menikah maka telah menyempurnakan separuh agamanya. Maka bertakwalah untuk menyempurnakan separuhnya lagi.”

Kedua, amalan Sunnah saat Memasuki Kamar Pengantin. Amalan-amalan Sunnah nya berupa masuk degan kaki kanan, membaca basmalah, serta mengucapkan shalawat kepada Rasulullah Saw., lalu mengucapkan salam.

Kemudian, melakukan shalat sunnah dua rakaat atau lebih, kemudian membaca al-Fatihah tiga kali dan al-Ikhlash tiga kali. Dilanjutkan dengan bershalawat sebanyak tiga kali lalu berdoa kepada Allah Swt. agar orang-orang dapat bergaul dengan baik kepadanya dan terus mencintainya. Lalu berdoa:

اللهم بارك لي في أهلي وبارك لأهلي فيَّ، اللهم ارزقهم مني، وارزقني منهم، وارزقني ألفَهُم ومودّتهم، وارزقهم ألفي ومودتي، وحبِّبْ بعضنا إلى بعضٍ

Baca Juga :  Lima Syarat Ketika Membaca Al Fatihah di Dalam Salat

 “Ya Allah, berkahilah aku bersama keluargaku, Ya Allah berikanlah mereka rezeki dari aku, dan berikanlah aku rezeki dari mereka. Ya Allah karuniakan aku kasih sayang dan cinta mereka, dan karuniakkan mereka kasih sayangku. Dan jadikan kami saling mencintai.”

Ketiga, Mencium Kening Istri. Setelah selesai shalat sunnah dan berdoa, hendaknya seorang suami duduk di samping istri, melihat wajahnya lalu mengucapkan salam, lalu meletakkan tangannya di atas kening istri sambil menciumnya dan berdoa:

اللهم إني أسألك خيرها وخير ما جبلتها عليه، وأعوذ بك من شرها وشرّ ما جبلتها عليه.

 “Ya Allah, sungguh saya bermohon kebaikannya dan kebaikan yang engkau fitrahkan padanya. Dan aku berlindung dari kejelekannya, dan kejelekan yang engkau fitrahkan kepadanya.

Doa tersebut tidak hanya disunnahkan dibaca sebelum berhubungan intim, namun dapat dilakukan di pagi dan sore agar keluarga diberikan keselamatan.

4 KOMENTAR

  1. Good. Mngkn bs ditambah Allohumma jannibnasyaitona…
    Dan tulisan arabnya lbh bagus klo ada kharokatnya
    Trim.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here