Bolehkah Sujud Tilawah Berjamaah di Luar Salat?

0
926

BincangSyariah.Com – Dalam salat berjemaah, sujud tilawah harus dilakukan berjamaah juga. Artinya, jika imam melakukan sujud tilawah, maka makmum harus ikut melakukannya. Sebaliknya, jika imam tidak melakukan, maka makmum tidak boleh melakukan. Namun apakah bisa melakukan sujud tilawah berjamaah di luar salat sebagaimana di dalam salat?.

Sujud tilawah di luar salat tidak disunahkan dilakukan secara berjamaah. Bahkan tidak ada berjamaah sujud tilawah di luar salat. Karena itu, jika ada orang yang membaca ayat sajdah, kemudian kita mendengarkannya, maka kita disunahkan sujud tilawah sendirian, tanpa harus menunggu orang lain untuk melakukan sujud tilawah bersama kita.

Karena itu, jika ada orang yang sujud tilawah setelah membaca ayat sajdah kemudian kita melakukan sujud tilawah juga, maka kita tidak perlu niat berjamaah dengan mengikuti sujud tilawahnya. Tidak perlu melakukan sujud tilawah berjamaah di luar salat.

Imam Nawawi dalam kitab Attibyan mengatakan;

اذا سجد المستمع مع القارئ لاير تبط به ولا ينوي الاقتداء به وله الرفع من السجود قبله

“Jika orang yang mendengarkan ayat sajdah melakukan sujud tilawah bersama orang yang membaca, maka antara sujud tilawah keduanya tidak ada ikatan (berjamaah) dan orang yang mendengarkan tidak perlu niat mengikuti sujud tilawahnya orang yang membaca. Karena itu, orang mendengarkan boleh bangun duluan dari sujud sebelum orang yang membaca.”

Kita tidak perlu menunggu orang lain untuk melakukan sujud tilawah bersama kita. Jika kita membaca atau mendengarkan ayat sajdah, maka kita disunahkan sujud tilawah sendirian, baik ada orang lain melakukan sujud tilawah atau tidak.

Baca Juga :  Meneruskan bacaan Al-Qur’an atau Mendengarkan azan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here