Sujud pada Bantal karena Sakit Mata, Apakah Boleh?

0
1155

BincangSyariah.Com – Ketika kita sedang sakit mata, maka kita akan merasa kesakitan ketika kita sedang sujud dalam shalat. Bahkan terkadang kita tidak kuat menahan sakit saat sujud ketika kita sedang sakit mata. Oleh karena itu, untuk mengurangi rasa sakit, terkadang ada yang memilih untuk sujud pada bantal ketika sujud. Bagaimana hukum sujud pada bantal karena sakit mata, apakah boleh? (Baca: Doa Nabi Ketika Terkena Sakit Mata)

Sujud pada bantal ketika sedang sakit mata, atau sakit lainnya, hukumnya diperbolehkan. Jika sekiranya sujud pada lantai tidak kuat menahan rasa sakit, maka sujud pada bantal tidak masalah. Ini termasuk bagian dari keringanan melaksanakan shalat.

Menurut Imam Nawawi, ketika kita tidak mampu melakukan sujud pada lantai dengan sempurna, baik karena sakit mata atau sakit lainnya, maka boleh sujud pada bantal. Bahkan disebutkan bahwa Ummu Salamah pernah sujud pada bantal karena sakit mata. Ini menunjukkan bahwa sujud pada bantal karena sakit mata hukumnya boleh.

Ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu Syarh Al-Muhadzdzab berikut;

فإن لم يمكنه أن يركع ويسجد أومأ إليهما وقرب وجهه إلى الأرض على قدر طاقته فان سجد على مخدة أجزأه لان أم سلمة رضي الله عنهما سجدت على مخدة لرمد بها

Jika seseorang tidak mungkin melakukan rukuk dan sujud, maka dia memberi isyarat untuk rukuk dan sujud dan dia mendekatkan wajahnya pada lantai sesuai kemampuannya. Jika dia sujud pada batal, maka hal itu mencukupi (sah) karena Ummu Salama-semoga Allah meridhainya-pernah sujud pada bantal karena terkena sakit mata.

Oleh karena itu, jika kita sedang sakit mata dan merasa kesakitan bila sujud pada lantai, maka kita boleh sujud sekedar menundukkan kepala atau sujud pada bantal.

Baca Juga :  Apakah Sah Salat dengan Menggunakan Tongkat Bagi Disabilitas?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here