Solusi bagi yang Susah Mengucapkan Kalimat Tauhid di Akhir Hayat

0
1296

BincangSyariah.Com – Setiap insan yang muslim pasti mendambakan husnul khatimah; meninggal dalam keadaan yang baik. Salah satu indikasi baiknya kematian seseorang ialah apabila ia mampu mengucapkan kalimat tauhid di saat-saat menjelang akhir hayatnya. Sebuah hadis menyebutkan bahwa barangsiapa yang akhir kalimatnya ialah kalimat tauhid, maka ia akan masuk surga.

Inilah yang mendorong orang-orang ketika ada anggota keliuarganya yang sedang sakaratul maut, mereka akan menemani dan membimbing mengucapkan kalimat tauhid. Akan tetapi, bagi orang yang sedang sakaratul maut, sangat sulit sekali mengucapkan kalimat tauhid akibat terlalu lemahnya fisik mereka. lantas bagaimanakah solusinya jika terjadi yang demikian? Apa saja yang bisa dilakukan oleh anggota keluarga jika menghadapi permasalahan semacam ini?

Di dalam kitab Tuhfah al-Muhtaj yang merupakan Syarah kitab Minhaj, j.III, h. 93 disebutkan agar seluruh anggota keluarga yang hadir bersama-sama membaca tasbih, tahmid dan takbir di sekeliling orang yang sedang sakaratul maut agar memudahkan dia untuk mengucapkan kalimat tauhid.

وَأَنْ لَا يُقَالَ لَهُ: قُلْ بَلْ يَذْكُرُ الْكَلِمَةَ عِنْدَهُ لِيَتَذَكَّرَ فَيَذْكُرَ فَإِنْ ذَكَرَهَا وَإِلَّا سَكَتَ يَسِيرًا ثُمَّ يُعِيدُهَا فِيمَا يَظْهَرُ وَأَنْ يُعِيدَهُ إذَا تَكَلَّمَ وَلَوْ بِذِكْرٍ لِيَكُونَ آخِرُ كَلَامِهِ الشَّهَادَةَ

Artinya:

“Dan jangan katakan: “Katakanlah !”, namun ucapkan kalimat dzikir di sampingnya agar ia ingat kalimat tersebut dan mengucapkannya. Apabila ia berdiam sejenak, maka ingatkan lagi, dan hendaknya mengulanginya lagi apabila ia telah mengucapkan kalimat lain meski kalimat tersebut adalah dzikir agar kalimat terkahir yang ia ucapkan benar-benar adalah kalimat syahadat”.

Dari penjelasan diatas, bisa dipahami bahwa apabila kita sedang menemani orang yang sedang sakaratul maut, maka kita tidak boleh mengucapkan kalimat: “Katakanlah !”, atau biasa orang Jawa mengatakan: “Nyebut, ayo nyebut !”. Hal demikian tidaklah diperbolehkan, namun yang perlu kita lakukan ialah mengucapkan kalimat-kalimat dzikir di sampingnya agar ia teringat dengan dzikir tersebut dan terdorong untuk ikut mengucapkannya.

Baca Juga :  Tata Cara Khutbah Idul Fitri

Kalimat-kalimat dzikir yang bisa kita ucapkan disamping orang yang sedang sakaratul maut diantaranya ialah: Subhanallah, Alhamdulillah, Laa ilaaha ilaallah, Allahu Akbar.

Kalimat tersebut harus terus menerus kita ucapkan disampingnya. Apabila terdengar dia ikut mengucapkan kalimat tersebut, tetapi kemudian diam, maka kita bimbing lagi. Demikian pula apabila sesudah ia mengucapkan dzikir, kemudian ia mengucapkan kalimat lainnya, maka kita bimbing lagi agar benar-benar kalimat terakhir yang ia ucapkan ialah kalimat tauhid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here