Bisakah Shalat Sunnah Ba’diyah Isya Menjadi Shalat Tahajud?

0
2588

BincangSyariah.Com – Dalam kondisi tertentu, terkadang kita melakukan shalat Isya di tengah malam setelah bangun dari tidur. Karena masih mengantuk, terkadang kita tidak sempat melaksanakan shalat sunnah tahajud secara khusus, melainkan hanya melakukan shalat sunnah ba’diyah shalat Isya dua rakaat. Bisakah shalat sunnah ba’diyah Isya dua rakaat tersebut disebut sebagai shalat tahajud? (Doa Setelah Shalat Tahajud dan Artinya)

Menurut para ulama, shalat tahajud adalah semua jenis shalat sunnah yang dilakukan setelah melaksanakan shalat Isya dan setelah bangun dari tidur. Dengan demikian, untuk bisa disebut sebagai shalat tahajud tidak harus melaksanakan shalat sunnah dengan niat shalat tahajud, melainkan setiap jenis shalat sunnah asalkan dilakukan setelah Isya dan setelah tidur, maka hal itu sudah disebut shalat tahajud.

Oleh karena itu, jika kita melaksanakan shalat Isya di tengah malam setelah bangun tidur lalu melaksanakan shalat sunnah ba’diyah dua rakaat, maka shalat ba’diyah dua rakaat sudah disebut dengan shalat tahajud. Begitu juga disebut sebagai shalat tahajud shalat witir yang dilakukan setelah shalat Isya dan setalah tidur.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Hasyiatusy Syarwani ala Al-Tuhfah berikut;

عبارة شيخنا وهو التهجد لغة دفع النوم بالتكلف واصطلاحا صلاة بعد فعل العشاء ولو مجموعة مع المغرب جمع تقديم وبعد نوم ولو كان النوم قبل وقت العشاء سواء كانت الصلاة نفلا راتبا او غيره على ما ذكره غيره ومنه سنة العشاء والنفل المطلق والوتر ….

Ungkapan guru kami adalah bahwa tahajud secara bahasa adalah menolak tidur dengan terpaksa. Secara istilah, tahajud adalah melaksanakan shalat setelah melakukan shalat Isya meskiun berupa jama’ taqdim bersama shalat Maghrib, dan setelah tidur meskipun tidur tersebut sebelum waktu shalat Isya, baik shalat tersebut berupa shalat sunnah rawatib, atau lainnya. Termasuk juga shalat sunnah Isya, shalat sunnah mutlak dan shalat witir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here