Shalat Dhuha; Sedekahnya Anggota Tubuh Kita

0
554

BincangSyariah.Com – Shalat Dhuha merupakan shalat sunnah yang selalu dilakukan oleh Nabi Muhammad Saw setiap hari. Karena banyak keutamaan bagi yang melaksanakan shalat dhuha, maka beliau juga mewasiatkan para sahabatnya agar tiadk meninggalkannya.

Waktu shalat dhuha adalh waktu ketika matahari mulai naik kurang lebih 7 hasta sejak terbitnya hingga waktu dzuhur. Jumlah minimal shalat Dhuha adalah dua rakaat dan maksimal 12 rakaat dengan salam di taip dua rakaat.

Salah satu keistimewaan shalat Dhuha dapat mengugurkan kewajiban sedekah setiap anggota tubuh kita. Dari sahabat Abu Dzar Ra, dari NabiMuhammad Saw, beliau bersabda,

 يُصْبِحُ عَلَى كُلِّ سُلامَى مِنْ أَحَدِكُمْ صَدَقَةٌ ، فَكُلُّ تَسْبِيحَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَحْمِيدَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَهْلِيلَةٍ صَدَقَةٌ ، وَكُلُّ تَكْبِيرَةٍ صَدَقَةٌ وَأَمْرٌ بِالْمَعْرُوفِ صَدَقَةٌ ، وَنَهْيٌ عَنْ الْمُنْكَرِ صَدَقَةٌ ، وَيُجْزِئُ مِنْ ذَلِكَ رَكْعَتَانِ يَرْكَعُهُمَا مِنْ الضُّحَى

Pada setiap persendian atau anggota badan kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, nasehat berbuat baik adalah sedekah, mencegah kemungkaran adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha.” (HR. Muslim)

Imam Nawawi dalam Syarh Shahih Muslim mengatakan, sabda Nabi Saw yang mengatakan wa yujzi’u min dzaalika rak’ataani yarka’uhumaa mindhdhuhaa bahwa semua itu (kewajiban sedekah) dapat terpenuhi atau cukup tergantikan dengan shalat dhuha,penggunaan frasa yujzi’u dalam kalimat tersebut dapat mengandung pengertian yang luas.

Dalam kalimat tersebut penggunaan lafaz yujzi’u yakni dapat dibaca dhammah yang berarti dibalas atau yajzii dengan fattah di awalnya yang berarti cukup. Kedua arti ini merupakan dalil tentang besarnya keutamaan pahala shalat dhuha yang cukup mengganti semua kewajiban sedekah yang harus dikeluarkan oleh tiap persendian anggota tubuh kita.

Baca Juga :  Mengenal Makharijul Huruf Bahasa Arab

Wallahu’alam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here