Serendah-rendahnya Sedekah Menurut Rasulullah

0
2729

BincangSyariah.Com – Dalam islam, setiap hamba Allah harus mengeluarkan sedekah. Meski perintah dalam hal ini bukan kewajiban tapi lebih sebagai hal sunnah yang dianjurkan. Banyak sekali ibadah social yang dicontohkan oleh Rasulullah. Salah satunya adalah dengan memperbanyak sedekah kepada yang membutuhkan. Sedekah bisa menjelma dalam bentuk apa saja. Jika tidak mampu mengeluarkan sedekah dari hartanya setidaknya ia bisa memberikan serendah-rendahnya sedekah yang bisa dia keluarkan.

عن أَبِي موسى رضي اللَّه عنه، عن النَّبيّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ: “عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ صدقةٌ”قَالَ: أَرَأَيْتَ إِنْ لَمْ يَجدْ؟ قالَ:”يعْمَل بِيَديِهِ فَينْفَعُ نَفْسَه وَيَتَصدَّقُ”: قَال: أَرَأَيْتَ إِنْ لَمْ يسْتطِعْ؟ قَالَ: يُعِينُ ذَا الْحَاجَةِ الْملْهوفَ”قالَ: أَرأَيْت إِنْ لَمْ يسْتَطِعْ قالَ:”يَأْمُرُ بِالمَعْرُوفِ أَوِ الْخَيْرِ”قالَ: أَرأَيْتَ إِنْ لَمْ يفْعلْ؟ قالْ:”يُمْسِكُ عَنِ الشَّرِّ فَإِنَّهَا صدَقةٌ” متفقٌ عليه.

Dari Abu Musa r.a. dari Nabi Saw bersabda, “Setiap orang Islam itu harus bersedekah.” Abu Musa bertanya, “bagaimanakah jikalau ia tidak menemukan sesuatu untuk disedekahkan?” Beliau menjawab, “Kalau tidak ada hendaklah ia bekerja dengan kedua tangannya, kemudian ia dapat memberikan kemanfaatan kepada dirinya sendiri, kemudian bersedekah.” Ia bertanya lagi: “bagaimanakah jikalau ia tidak kuasa berbuat demikian?” Beliau menjawab, “Hendaklah ia memberikan pertolongan kepada orang yang membutuhkan bantuan.” Ia bertanya lagi, “bagaimanakah jikalau ia tidak dapat berbuat demikian?” Beliau menjawab, “Hendaklah ia memerintah dengan kebaikan atau kebagusan.” Ia bertanya lagi, “bagaimanakah jikalau ia tidak kuasa berbuat demikian.” Beliau menjawab, “Hendaklah ia menahan diri dari berbuat kejahatan, maka yang sedemikian itupun sebagai sedekah yang diberikan olehnya.” (HR.Bukhari&Muslim)

Dalam hadis ini, Rasul secara jelas menganjurkan agar setiap umatnya mengeluarkan sedekah. Jika melihat hadis di atas terdapat beberapa tingkatan sedekah.

Baca Juga :  Adakah Salat Sunnah Qabliyah Maghrib?

Pertama. Sedekah dengan harta. Hendaknya setiap orang yang diberikan keluasan dan kemudahan rejeki agar bersedekah baik dengan uang atau makanan. Jika ia tidak mempunyainya, hendaknya ia bekerja sehingga bisa memenuhi kebutuhannya lalu bisa bersedekah dengan sedikit harta yang ia punya.

Kedua. Sedekah dengan menolong orang yang membutuhkan. Sedekah bisa berupa berbuat baik. Perbuatan yang paling baik di antaranya menolong orang yang sangat membutuhkan.

Ketiga. Memerintah dengan kebaikan. Jika orang tersebut salah satu orang dalam pemerintahan atau orang yang memiliki kuasaan, maka ia dapat membuat regulasi yang ditujukan untuk kebaikan masyarakat umum. Maka perintah tersebut bisa menjadi kebaikan yang merata. Atau jika rakyat jelata.

Keempat. Menahan diri dari berbuat jahat. Jika tidak bisa bersedekah dengan harta, perbuatan atau ucapan, setidaknya jangan berbuat yang bisa merugikan orang lain. Jika tidak bisa memberikan nmanfaat kepada sesame maka paling tidak jangan sampai merugikan orang lain dengan kejahatan yang ia lakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here