10 Syarat Sah Membaca Salam dalam Shalat

7
1979

BincangSyariah.Com – Ibadah shalat dimulai sejak takbiratul ihram dan berakhir dengan salam. Artinya, rukun pertama dari rangkaian rukun shalat adalah takbiratul ihram, sementara rukun terakhir adalah salam. Sebagaimana takbiratul ihram memiliki syarat-syarat yang harus dipenuhi, begitu juga dengan salam. Dalam kitab I’anatut Thalibin, Syaikh Abu Bakar Syatha menyebutkan bahwa terdapat sepuluh syarat membaca salam dalam shalat yang harus dipenuhi agar salam menjadi sah. (Mengapa Selesai Shalat Dianjurkan Tengok Kanan-Kiri?)

Pertama, harus memakai alif lam (al) dalam kalimat salam, yaitu dengan mengucapkan Al-Salamu, bukan salamun, salamullah atau lainnya. Jika tanpa memakai alif lam, maka hukumnya batal.

Kedua, memakai dhomir kaf, yaitu dengan mengucapkan ‘alaikum, bukan ‘alaihim atau ‘alaina.
Ketiga, menyambung kalimat Al-Salamu dan kalimat ‘alaikum. Jika di antaranya keduanya dipisah dengan kalimat lain, maka hukumnya tidak sah.

Keempat, memakai mim jama’, yaitu dengan mengucapkan ‘alaikum, bukan ‘alaika, atau ‘alaikuma.

Kelima, terus menerus atau memuwalah (berkelanjutan). Artinya, antara kalimat Al-Salamu dan ‘alaikum harus disambung, tidak berhenti atau waqaf.

Keenam, mengucapkan salam dalam keadaan dada masih menghadap kiblat. Jika mengucapkan salam sambil memalingkan dada ke arah selain kiblat, maka shalatnya batal.

Ketujuh, mengucapkan salam dengan diniati tahallul atau niat keluar dari shalat.

Kedelapan, mengucapkan salam masih dalam keadaan posisi duduk.

Kesembilan, kalimat salam (al-salamu ‘alaikum) didengar oleh diri sendiri. Jika tidak didengar oleh diri sendiri, maka shalatnya batal kecuali ada halangan, seperti sangat ramai atau karena tuli.

Kesepuluh, tidak mengurangi atau menambahi dengan lafadz yang bisa merubah makna.

100%

7 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Ketika kita melaksanakan shalat, baik shalat wajib maupun shalat sunnah, maka kita pasti akan melakukan salam di akhir shalat. Hal ini karena salam merupakan rukun terakhir yang wajib kita lakukan dalam shalat. Saat melakukan salam, baik ke arah kanan maupun ke arah kiri, kita dianjurkan untuk berdoa kepada Allah. (Baca: 10 Syarat Sah Membaca Salam dalam Shalat) […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here