Sengaja Tidak Berpuasa di Bulan Ramadhan, Apakah Termasuk Dosa Besar?

0
1517

BincangSyariah.Com – Salah satu rukun Islam yang harus dilakukan oleh setiap umat muslim adalah berpuasa di bulan Ramadhan. Lalu, bagaimana hukumnya orang yang sengaja tidak berpuasa di bulan Ramadhan? Apakah termasuk dosa besar?

Imam Adz-Dzahabi mengategorikan sengaja tidak berpuasa di bulan Ramadhan termasuk bagian dari dosa besar. Beliau berkata di dalam kitabnya “Al-Kabair”

الْكَبِيرَة السَّادِسَة: إفطار يَوْم من رَمَضَان بِلَا عذر

Dosa besar yang keenam adalah berbuka/tidak berpuasa satu hari di bulan Ramadhan dengan tanpa adanya alasan. Hal ini disebabkan karena Allah swt. telah mewajibkannya sebagaimana terdapat dalam firman-Nya

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ* أَيَّامًا مَعْدُودَاتٍ فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ….

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa, (Yaitu) beberapa hari tertentu. Maka barangsiapa di antara kamu sakit atau dalam perjalanan (lalu tidak berpuasa), maka (wajib mengganti) sebanyak hari (yang dia tidak berpuasa itu) pada hari-hari yang lain….. (Q.S. Al-Baqarah/2: 183-184)

Selain itu, kewajiban puasa Ramadhan juga telah jelas diterangkan oleh Nabi Muhammad saw. di dalam sabdanya sebagai berikut.

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رضي الله عنهما قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: بُنِيَ الإِسْلامُ عَلى خَمْسٍ: شَهادَةِ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ اللهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللهِ وَإِقامِ الصَّلاةِ وَإِيتاءَ الزَّكاةِ وَالْحَجِّ وَصَوْمِ رَمَضَانَ. (رواه البخاري)

Dari Ibnu Umar r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Islam itu dibangun di atas lima (pondasi), yaitu bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, mendirikan shalat, menunaikan zakat, haji, dan puasa Ramadhan.” (H.R. Al-Bukhari dan Muslim)

Baca Juga :  Tiga Syarat Orang Sudah Wajib Melaksanakan Salat

Bahkan Abu Hurairah r.a. juga pernah meriwayatkan hadis Nabi saw., beliau bersabda,

مَنْ أَفْطَرَ يَوْمًا مِنْ رَمَضَانَ مِنْ غَيْرِ رُخْصَةٍ رَخَّصَهَا اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ لَمْ يَقْضِ عَنْهُ صِيَامُ الدَّهْرِ رواه احمد

Siapa yang berbuka/tidak puasa satu hari dari bulan Ramadhan tanpa adanya rukhsah yang telah ditetapkan oleh Allah swt., maka puasanya selama setahun tidak dapat menggantikannya. (H.R. Ahmad)

Imam Ibnu Hajar Al-Haitami di dalam kitabnya Az-Zawajir Aniqtirafil Kabair pun juga mengatergorikannya sebagai dosa besar. Beliau berkata,

الْكَبِيرَةُ الْأَرْبَعُونَ وَالْحَادِيَةُ وَالْأَرْبَعُونَ بَعْدَ الْمِائَةِ: تَرْكُ صَوْمِ يَوْمٍ مِنْ أَيَّامِ رَمَضَانَ، وَالْإِفْطَارُ فِيهِ بِجِمَاعٍ أَوْ غَيْرِهِ بِغَيْرِ عُذْرٍ مِنْ نَحْوِ مَرَضٍ أَوْ سَفَرٍ

Dosa besar yang ke 40 dan 41 dari 100 adalah meninggalkan puasa satu hari di bulan Ramadhan dan tidak berpuasa di bulan Ramadhan sebab jima’ atau sebab lainnya dengan tanpa adanya udzur, seperti sakit atau berpergian.

Dengan demikian, maka sengaja tidak berpuasa di bulan Ramadhan dengan tanpa adanya udzur adalah termasuk dari dosa besar. Maka, hal yang harus ia lakukan adalah bertaubat dan menyesali perbuatannya dengan tidak akan mengulanginya lagi untuk yang kedua kalinya. Selain itu, ia juga tetap wajib mengqadha’nya di hari lain selain bulan Ramadhan. Hanya saja, pahalanya tidak akan sama ketika ia berpuasa di bulan Ramadhan, karena mulianya bulan  Ramadahn tidak sebanding dengan bulan-bulan lainnya. Adapun bagi orang yang tidak berpuasanya karena jima, maka selain mengqadha’ puasa, baginya juga wajib ditambah dengan membayar kafarat., yakni memerdekakan budak mukminah, atau berpuasa dua bulan berturut-turut, atau memberi makan enam puluh orang miskin. Wa Allahu A’lam bis Shawab.



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here