Selain Yasin, Baca Surah Al-Ra’du Dapat Permudah Sakaratul Maut

1
845

BincangSyariah.Com – Umumnya, ketika ada orang yang sedang sakaratul maut, maka akan dibacakan surah Yasin di sampingnya. Namun sebagian masyarakat ada juga yang membacakan surah Al-Ra’du. Adakah anjuran membaca surah Al-Ra’du untuk orang yang sedang sakaratul maut dalam Islam?

Kebanyakan ulama menganjurkan membaca surah Yasin untuk orang yang sedang sakaratul maut. Ini didasarkan pada hadis yang riwayat dari sahabat Ma’qal bin Yasar, dia bekata;

 قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : اقْرَءُوا يس عَلَى مَوْتَاكُمْ

Nabi Muhammad Saw bersabda; ‘Bacakanlah surah Yasin atas orang-orang yang hendak meninggal.

Selain itu, para ulama juga menganjurkan membaca surah Al-Ra’du. Menurut Imam Jabir bin Zaid, membaca surah Al-Ra’du dapat permudah sakaratul maut seseorang. Membaca surah Ar-Ra’du di dekat orang yang sakaratul maut bisa membantu memudahkan keluarnya ruh dari badan seseorang.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Raudhatut Thalibin berikut;

ويستحب أن يقرأ عند سورة ( يس )  واستحب بعض التابعين سورة ( الرعد ) أيضا… ويسن أن يقرأ عنده الرعد أي لقول جابر بن زيد: فإنها تهون عليه خروج الروح

Dan disunahkan membacakan surah Yasin pada orang yang sakit keras (sakaratul maut). Sebagian ulama tabi’in juga mensunahkan untuk membacakan surah Al-Ra’du. Disunahkan membaca surah Al-Ra’du di samping orang yang sakaratul maut, karena perkataan Jabir bin Zaid; ‘Karena surah Al-Ra’du bisa memudahkan keluarnya ruh.

Dalam kitab Hasyiyah I’anatut Thalibin juga disebutkan sebagai berikut;

ويستحب – إذا احتضر الميت – أن يقرأ عنده أيضا سورة الرعد فإن ذلك يخفف عن الميت سكرة الموت، وإنه أهون لقبضه، وأيسر لشأنه.

Disunahkan-ketika kematian sudah mendekat- untuk dibacakan surah Al-Ra’du di samping orang yang sakaratul maut. Karena hal itu dapat meringankannya dari sakarat almaut, mempermudah tercabutnya ruh, dan meringankpan keadaannya.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka membaca surah Al-Ra’du di samping orang yang sakaratul maut disunahkan, seperti halnya membaca surah Yasin.

Baca Juga :  Lakukanlah Hal Ini Agar di Akhirat Kelak Dekat dengan Nabi

1 KOMENTAR

  1. […] BincangSyariah.Com – Membaca doa pada saat membaca ayat-ayat Al-Quran diperbolehkan, bahkan ada yang disunnahkan. Misalnya, berdoa untuk kebaikan pada saat membaca ayat-ayat rahmat, atau memohon dihindarkan dari keburukan pada saat membaca ayat-ayat adzab atau siksa. Berikut adalah doa kebaikan yang dibaca oleh Nabi Saw ketika beliau membaca ayat 186 surah Al-Ra’du; […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here