Sebelum Menghadiri Shalat Tarawih Berjemaah, Apakah Dianjurkan Mandi Dahulu?

0
1126

BincangSyariah.Com – Di dalam Islam, terdapat banyak momen dan kegiatan ritual keagamaan tertentu yang dianjurkan untuk melakukan mandi terlebih dahulu. Misalnya, sebelum berangkat melaksanakan shalat Jumat, sebelum melaksanakan shalat Id, dan lainnya. Namun bagaimana dengan kegiatan shalat tarawih berjemaah, apakah dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu?

Dalam kitab-kitab fiqih disebutkan bahwa terdapat banyak momen di kegiatan ritual keagamaan yang dianjurkan untuk mandi terlebih dahulu, di antaranya setiap malam selama bulan Ramadhan. Menurut kebanyakan ulama, anjuran mandi setiap malam di bulan Ramadhan berlaku bagi orang yang hendak menghadiri shalat berjemaah tarawih atau tidak.

Sementara menurut Imam Al-Adzra’i, anjuran mandi setiap malam di bulan Ramadhan ini hanya diperuntukkan bagi orang yang hendak menghadiri shalat berjemaah. Adapun orang yang tidak hendak menghadiri shalat berjemaah, maka baginya tidak dianjurkan untuk mandi setiap malam di bulan Ramadhan.

Dengan demikian, mandi setiap malam di bulan Ramadhan hukumnya sunnah, termasuk mandi yang dianjurkan untuk dilakukan, terutama bagi orang yang hendak menghadiri shalat tarawih berjemaah. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Hasyiatul Bajuri berikut;

و بقية الأغسال المسنونة مذكورة في المطولات منها الغسل لدخول المدينة الشريفة…ولكل ليلة من رمضان و قيده الأذرعي بمن يحضر الجماعة والمعتمد عدم التقييد بذالك

Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah mandi karena hendak memasuki kota Madinah,..dan setiap malam di bulan Ramadhan. Imam Al-Adzra’i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjemaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.

Dalam kitab I’anatut Thalibin disebutkan bahwa waktu mandi setiap malam di bulan Ramadhan ini dimulai sejak terbenamnya matahari dan berakhir ketika terbit fajar. Hanya saja, bagi orang yang hendak menghadiri shalat berjemaah tarawih, maka hendaknya melakukan mandi sebelum berangkat ke tempat berjemaah dilaksanakan.

Syaikh Abu Bakar Syatha berkata sebagai berikut;

و يدخل وقت الغسل بالغروب و يخرج بطلوع الفجر

Waktu mandi di bulan Ramadhan dimulai sejak terbenam matahari dan keluar dengan terbitnya fajar.

100%

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here