Sebelum Melangsungkan Akad Nikah Dianjurkan Lakukan Shalat Sunah, Ini Tata Caranya

0
7144

BincangSyariah.Com – Melakukan akad nikah dengan calon yang kita cintai merupakan sebuah anugerah dari Allah yang patut kita syukuri. Oleh karena itu, selain bersyukur kepada Allah dengan mengucapkan kalimat hamdalah, kita juga dianjurkan untuk melakukan shalat sunah sebelum melangsungkan akad nikah.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Tuhfatul Muhtaj fi Syarh al-Minhaj berikut;

ﺻﻼﺓ ﺳﻨﺔ ﻗﺒﻞ ﻋﻘﺪ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ ﺭﻛﻌﺘﺎﻥ ﻭﻫﻲ ﻧﺎﻓﻠﺔ ﺫﺍﺕ ﺍﻟﺴﺒﺐ ﺍﻟﻤﺘﺄﺧﺮ . ﺃﻥﺗﺼﻠﻰ ﻗﺒﻞ ﻋﻘﺪ ﺍﻟﻨﻜﺎﺡ , ﺇﻻ ﻭﻗﺖ ﺍﻟﻜﺮﺍﻫﺔ . ﻭﻳﺠﻮﺯ ﺃﻥ ﻳﻘﺮﺃ ﻣﺎ ﺷﺎﺀ ﻣﻦﺍﻟﺴﻮﺭ . ﻗﺎﻝ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺷﻬﺎﺏ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺃﺣﻤﺪ ﺑﻦﺣﺠﺮ ﺍﻟﻬﻴﺘﻤﻲ : ﻳﻨﺒﻐِﻲ ﺃﻥ ﻳﻜﻮﻥ  ﺫَﻟِﻚَﻟﻠﺰﻭْﺝ ، ﻭﺍﻟﻮﻟِﻲ ﻟﺘﻌﺎﻃﻴﻬﻤﺎ ﻟﻠﻌﻘﺪ ﺩﻭﻥﺍﻟﺰﻭﺟﺔ . ﻭﻳﻨﺒﻐﻲ ﺃﻳﻀﺎ ﺇﻥ ﻓﻌﻠﻬﻤﺎ ﻓﻲﻣﺠﻠﺲ ﺍﻟﻌﻘﺪ ﻗﺒﻞ ﺗﻌﺎﻃﻴﻪ

“Di antara shalat adalah shalat sebelum akad nikah. Sholat ini termasuk shalat yang mempunyai sebab di akhir. Kamu boleh mengerjakannya sebelum akad nikah asal bukan pada waktu yang dimakruhkan. Dan boleh membaca surah apa saja. Imam Syihabuddin Ahmad Ibnu Hajar al-Haitami berkata, ‘Sepatutnya shalat ini dilakukan oleh mempelai pria atau wali perempuan saja, bukan mempelai wanitanya. Juga sebaiknya keduanya melakukan shalat ini di majlis akad sebelum akad dilakukan.”

Adapun niat shalat sebelum akad nikah ini adalah sebagai berikut;

اُصَلِّى سُنَّةَ النِّكَاحِ رَكْعَتَيْنِ ِللهِ تَعَالٰى

Usholli sunnatan nikahi rok’ataini lillahi ta’ala

“Aku niat shalat sunah nikah dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

 

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi al-Jawi dalam kitab Nihayatuz Zain berikut;

ومنه ..ركعتان قبل عقد النكاح أصلي سنة النكاح ركعتين لله تعالى

“Di antara shalat sunah adalah..dua rakaat sebelum akan nikah dengan niat ‘Saya niat shalat sunah nikah dua rakaat karena Allah.’”

Baca Juga :  Anjuran dan Tata Cara Shalat Sunah Isyraq

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here