Ini Penjelasan Sebelum Azan Tidak Disunahkan Membaca Basmalah

0
1164

BincangSyariah.Com – Jika kita perhatikan, kita jarang menjumpai seseorang membaca basmalah terlebih dahulu sebelum mengumandangkan azan. Pada umumnya, mereka langsung mengumandangkan azan tanpa membaca basmalah dan sebagian lagi hanya mengawalinya dengan membaca salawat kepada Nabi saw. Apakah sebelum azan tidak disunahkan membaca basmalah?

Membaca basmalah sebelum mengumandangkan azan tidak disunahkan dalam Islam. Saat kita hendak mengumandangkan azan, kita tidak perlu mengawalinya dengan basmalah atau salawat kepada Nabi saw. Hal ini karena azan memiliki kalimat pembuka sendiri selain basmalah, yaitu kalimat takbir.

Setiap ibadah yang memiliki kalimat pembuka selain basmalah, maka tidak disunahkan mengawalinya dengan membaca basmalah. Misalnya, salat dan azan. Kalimat pembuka dari kedua ibadah ini adalah takbir. Karena itu, kita tidak disunahkan mengawali salat dan azan dengan membaca basmalah.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan oleh Imam al-Qarafi dalam kitab Anwa’ul Buruq fi Anwa’il Furuq berikut;

وأما ما لا تشرع فيه فستة أنواع كما يفيده الضابط المذكور : الأول ما جعل الشارع له مبدأ غير البسملة كالصلوات والأذان فإن الشارع جعل مبدأهما التكبير وكالحج والعمرة فإنه جعل مبدأهما التلبية

“Adapun perkara yang tidak disyariatkan membaca basmalah ada enam macam, sebagaimana diketahui dari batasan tersebut. Pertama, perkara yang oleh syari’ (Allah dan Rasulnya) telah diberikan kalimat pembuka selain basmalah, seperti salat dan azan. Sesungguhnya syari’ telah menjadikan kalimat takbir sebagai pembuka dari keduanya. Dan juga seperti haji dan umrah, maka syari’ menjadikan kalimat talbiyah sebagai kalimat pembuka dari keduanya.”

Dengan demikian, tidak semua ibadah dalam Islam disunahkan mengawalinya dengan bacaan basmalah. Bahkan para ulama mengatakan bahwa ketika kita hendak berzikir atau membaca salawat kepada Nabi saw., kita tidak disunahkan membaca basmalah terlebih dahulu. Hal ini karena zikir dan salawat kepada Nabi saw sudah bersifat ibadah yang memiliki keutamaan sendiri, meskipun tanpa diawali dengan bacaan basmalah.

Baca Juga :  Hukum Membaca Sayyidina ketika Shalawat Pada Saat Tasyahud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here