Sebaiknya Tangan Memegang Lutut atau Diletakkan di Atas Paha Ketika Duduk di Antara Dua Sujud?

0
3124

BincangSyariah.Com – Pada saat kita melaksanakan salat, pada umumnya kita meletakkan kedua tangan di atas kedua paha. Namun kadang kita menjumpai seseorang memegang kedua lututnya dengan kedua tangannya ketika duduk di antara dua sujud. Sebenarnya, apakah sebaiknya tangan memegang lutut atau diletakkan di atas paha ketika duduk di antara dua sujud?

Pada saat kita duduk di antara dua sujud, kita disunahkan untuk meletakkan kedua tangan di atas kedua paha dengan posisi jari-jari dibuka dan jari-jari tersebut sejajar dengan lutut, bukan memegang lutut. Begitu juga ketika kita duduk tasyahud awal, maka kedua tangan diletakkan di atas paha dengan posisi jari-jari dibuka dan jari-jari tersebut sejajar dengan lutut, bukan memegangnya.

Hal ini sebagaimana telah dijelaskan oleh dalam kitab al-Iqna’ berikut;

وأكمله أن يكبر بلا رفع يد مع رفع رأسه من سجوده للاتباع رواه الشيخان، ويجلس مفترشا – وسيأتي بيانه – للاتباع واضعا كفيه على فخذيه قريبا من ركبتيه بحيث تسامتهما رؤوس الاصابع، ناشرا أصابعه مضمومة للقبلة كما في السجود قائلا: رب اغفر لي وارحمني واجبرني وارفعني وارزقني واهدني وعافني للاتباع

“Duduk di antara dua sujud yang paling sempurna adalah seseorang mengucapkan takbir tanpa mengangkat tangan disertai mengangkat kepala dari sujudnya. Hal ini karena mengikuti Nabi saw. sebagaimana telah diriwayatkan oleh Imam Bukhari dan Muslim. Juga duduk iftirasy-akan dijelaskan-karena mengikuti Nabi saw sambil meletakkan kedua telapak tangannya di atas kedua pahanya, dekat dengan lututnya sekiranya jari-jari tangan sejajar dengan kedua lututnya, membuka jari-jarinya dan diarahkan ke kiblat sebagaimana dalam sujud, sambil membaca; ‘Allohummaghfirli warhamni wajburni warfa’ni warzuqni wahdini wa ‘afini’, karena mengikuti Nabi saw.”

Melalui penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa sunah Nabi saw ketika duduk di antara dua sujud bukan memegang kedua lutut dengan kedua tangan, akan tetapi meletakkan kedua tangan tersebut di atas kedua paha dengan posisi jari-jari sejajar kedua lutut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here