Karena Covid-19, Bolehkah Memabaca Doa Qunut Sejak Awal Ramadhan dalam Shalat Witir?

0
116

BincangSyariah.Com – Umumnya, kita membaca doa qunut dalam shalat witir di bulan Ramadhan sejak pertengahan bulan Ramadhan. Namun di beberapa daerah, saat ini banyak yang membaca doa qunut dalam shalat witir sejak awal bulan Ramadhan. Alasannya adalah agar wabah Covid-19 segera hilang. Dalam keadaan demikian, bolehkah membaca doa qunut sejak awal Ramadhan dalam shalat witir?

Membaca doa qunut sejak awal Ramadhan dalam shalat witir, terutama ketika terjadi wabah atau bencana yang menimpa kaum muslimin, hukumnya boleh. Bahkan menurut Imam Malik, membaca doa qunut dalam shalat witir dianjurkan selama bulan Ramadhan, dari malam pertama hingga malam terakhir bulan Ramadhan. Ketika terjadi wabah, seperti wabah Covid-19, tentunya hal itu lebih disunnahkan lagi untuk membaca doa qunut sejak awal Ramadhan dalam shalat witir.

Dalam kitab Al-Majmu, Imam Nawawi menyebutkan pendapat para ulama terkait waktu disunnahkan membaca doa qunut dalam shalat witir di bulan Ramadhan. Terdapat tiga pendapat dalam masalah ini.

Pertama, membaca doa qunut dalam shalat witir disunnahkan sejak pertengahan bulan Ramadhan. Ini adalah pendapat Imam Syafii dan ulama Syafiiyah.

Kedua, membaca doa qunut dalam shalat witir disunnahkan selama bulan Ramadhan, dari mulai malam pertama hingga malam terakhir bulan Ramadhan. Ini adalah pendapat Imam Malik.

Ketiga, membaca doa qunut dalam shalat witir disunnahkan selama setahun, tidak hanya di bulan Ramadhan.

Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmu berikut;

وَالْمَذْهَبُ أَنَّ السُّنَّةَ أَنْ يَقْنُتَ فِي الرَّكْعَةِ الْآخِرَةِ مِنْ صَلَاةِ الْوِتْرِ فِي النِّصْفِ الْأَخِيرِ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ هَذَا هُوَ الْمَشْهُورُ فِي الْمَذْهَبِ وَنَصَّ عَلَيْهِ الشَّافِعِيُّ رَحِمَهُ اللَّهُ وَفِي وَجْهٍ يُسْتَحَبُّ فِي جَمِيعِ شَهْرِ رَمَضَانَ وَهُوَ مَذْهَبُ مَالِكٍ وَوَجْهٌ ثَالِثٌ أَنَّهُ يُسْتَحَبُّ فِي الْوِتْرِ فِي جَمِيعِ السَّنَةِ

Menurut pendapat madzhab, bahwa sesungguhnya disunnahkan membaca doa qunut di rakaat terakhir shalat witir sejak pertengahan akhir bulan Ramadhan. Ini adalah pendapat yang masyhur dalam madzhab Syafii dan ditegaskan oleh Imam Syafii. Menurut satu pendapat, disunnahkan selama bulan Ramadhan. Ini adalah pendapat Imam Malik. Pendapat ketiga, disunnahkan dalam shalat witir selama setahun.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here