Kenapa Salat Jenazah Tanpa Rukuk dan Sujud?

0
2037

BincangSyariah.Com – Sudah maklum bahwa tata-cara pelaksanaan salat jenazah berbeda dengan tata-cara salat pada umumnya. Banyak bagian-bagian rukun dalam salat tidak boleh dilakukan saat melakukan salat jenazah. Misalnya, rukuk dan sujud. Dalam salat jenazah, tidak boleh melakukan rukuk dan sujud seperti dalam salat pada umumnya.

Ada dua alasan kenapa dalam salat jenazah tidak ada dan tidak boleh melakukan rukuk dan sujud. Pertama, tujuan utama salat jenazah disyariatkan bukan untuk menyembah kepada Allah, melainkan hanya untuk mendoakan dan memohonkan ampunan atas jenazah yang sedang disalati. Rukuk dan sujud hanya boleh dilakukan ketika kita menyembah kepada Allah, bukan untuk yang lainnya.

Oleh karena itu, dalam kitab Alhawi Alkabir disebutkan bahwa Imam Assya’bi dan Imam Atthabari membolehkan melakukan salat jenazah meski dalam keadaan tidak suci dengan alasan karena tujuan utama salat jenazah adalah mendoakan mayit, bukan menyembah Allah.

فهي صلاة شرعية يجب فيها طهارة الأعضاء و سترة العورة و استقبال القبلة و هو قول الكافة إلا أن الشعبي و إبن جرير الطبري فإنما قالا ليست صلاة شرعية و إنما دعاء و استغفار يجوز فعلها بغير طهارة

“Salat jenazah adalah salat yang disyariatkan, yang wajib dilakukan dalam kondisi anggota tubuh sedang suci, menutup aurat dan menghadap kiblat. Ini adalah pendapat seluruh ulama kecuali Imam Assya’bi dan Imam Ibnu Jarir Atthabari. Mereka berdua berpendapat bahwa salat jenazah bukan salat yang disyariatkan (karena di dalamnya tidak ada rukuk dan sujud), melainkan hanya doa dan memohonkan ampunan atas jenazah. Karena itu, boleh melakukannya meski dalam keadaan tidak suci.”

Kedua, agar orang awam tidak beranggapan bahwa salat jenazah merupakan suatu bentuk penyembahan kepada mayit. Untuk menghindari kesalahpahaman tersebut, maka dalam salat jenazah tidak boleh melakukan rukuk dan sujud. Hal ini sebagaimana disebutkan oleh Imam Ibnu Hajar dalam kitabnya Fathul Bari berikut;

Baca Juga :  Bayi Menangis, Bolehkah Membatalkan Salat?

وإنما لم يكن فيها ركوع ولا سجود لئلا يتوهم بعض الجهلة أنها عبادة للميت فيضل بذلك

“Sesungguhnya tidak adanya rukuk dan sujud dalam salat jenazah adalah agar orang awam tidak menduga bahwa salat jenazah tersebut merupakan suatu bentuk ibadah kepada mayit. Sehingga mereka bisa tersesat sebab hal tersebut.”



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here