Salat Jenazah dengan Lima Takbir, Batalkah?

0
263

BincangSyariah.Com – Setelah memandikan dan mengkafani jenazah, maka hal yang harus dilakukan adalah mensalatinya. Yakni dilakukan dengan empat takbir dan dua salam. Lalu bagaimana jika seseorang itu melakukan lima takbir? Apakah batal salatnya? Dan bagaimana jika hal itu dilakukan oleh seorang imam, apakah makmum juga ikut takbir lima kali? Ataukah ia boleh langsung salam?

Berkaitan dengan sah tidaknya seseorang salat janazah dengan lima takbir, maka hal ini telah diterangkan oleh syekh Abu Qasim Al Ghazi di dalam kitab Fathul Qarib

ولو كبر خمساً لم تبطل

“Jika seseorang melakukan takbir lima kali, maka salatnya tidak batal.”

Sementara bagi seseorang yang bermakmum dengan imam yang tiba-tiba bertakbir lima kali, maka Imam Abu Qasim Al Ghazi juga menerangkan

 لكن لو خمس إمامه لم يتابعه بل يسلم أو ينتظره ليسلم معه وهو أفضل

Tetapi jika imamnya melakukan takbir yang kelima, maka bagi makmum tidak perlu mengikutinya bahkan ia (boleh) langsung salam. Atau ia menunggu imamnya (tanpa ikut takbir yang kelima), untuk kemudian melaksanakan salam bersama-sama, dan hal ini lebih utama.

Demikianlah, jika seseorang melaksanakan salat jenazah dengan takbir lima kali. Maka, salatnya tetap sah dan tidak batal. Sementara jika ia menjadi makmum, maka ia tidak perlu mengikuti imamnya takbir lima kali, langsung salam, atau menunggunya dan salam bersama-sama.

Wa Allahu A’lam bis Shawab.

Baca Juga :  Benarkah Malaikat Tidak Mau Masuk Rumah Orang yang Junub?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.