Sahkah Akikah Anak Laki-laki dengan Satu Kambing?

0
5630

BincangSyariah.Com – Dalam Islam, setiap kali pasangan suami-istri dikarunia seorang anak, baik laki-laki maupun perempuan, maka disunahkan untuk melaksanakan akikah dengan menyembelih hewan kambing sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah. Lazimnya, untuk anak perempuan disunahkan menyembelih seekor kambing. Sedangkan untuk anak laki-laki dianjurkan menyembelih dua ekor kambing.

Namun terkadang karena keterbatasan kemampuan atau kendala lainnya, seorang bapak hanya menyembelih seekor kambing ketika melakukan akikah untuk anak laki-lakinya. Bagaimana hukum melakukan akikah dengan seekor kambing untuk anak laki-laki?

Disebutkan bahwa akikah dengan seekor kambing untuk anak laki-laki dinilai cukup dan sah. Bahkan di kalangan ulama Malikiyah, jumlah kambing yang disunahkan untuk disembelih ketika melakukan akikah tidak ada perbedaan antara anak laki-laki dan perempuan, yaitu seekor kambing.

Nabi Saw. sendiri ketika melakukan akikah untuk Hasan dan Husain, masing-masing dengan satu ekor kambing. Dalam hadis riwayat Imam Abu Daud dari Ibnu Abbas, dia berkata;

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَقَّ عَنِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ كَبْشًا كَبْشًا.

 “Sesungguhnya Nabi Saw. pernah melakukan akikah untuk Hasan dan Husain, masing-masing satu ekor gibas (domba).”

Dalam kitab Muhadzab fi Fiqhil Imam Assyafi’i, Imam Abu Ishaq Syairazi menegaskan kebolehan akikah dengan satu ekor kambing ini untuk anak laki-laki. Beliau berkata;

وَإِنْ ذُبِحَ عَنْ كُلِّ وَاحِدٍ مِنْهُمَا شَاةٌ جَازَ لِمَا رَوَى ابْنُ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ عَقَّ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ عَلَيْهِمَا السَّلاَم كَبْشًا كَبْشًا

“Jika masing-masing anak baik laki-laki maupun perempuan diakikahi dengan satu ekor kambing, maka itu boleh karena ada riwayat dari Ibnu Abbas yang menyatakan bahwa Nabi Saw. mengakikahi Hasan dan Husain masing-masing satu kambing gibas (domba).”

Baca Juga :  Bolehkah Wudu dengan Bantuan Orang Lain?

Meski boleh dan dinilai cukup dan sah melakukan akikah dengan satu ekor kambing untuk anak laki-laki, namun jika mampu dan tidak ada kendala lainnya, sebaiknya akikah untuk anak laki-laki disempurnakan dengan menyembelih dua ekor kambing. Hal ini karena satu ekor kambing hanya menjadi batas jumlah minimal yang mencukupi dalam akikah untuk anak laki-laki dan perempuan.

Sedangkan dua ekor kambing merupakan jumlah sempurna untuk anak laki-laki. Juga karena Nabi Saw. pernah menyuruh para sahabat ketika melakukan akikah untuk menyembelih dua ekor kambing untuk anak laki-laki dan satu ekor kambing untuk perempuan. Dalam hadis riwayat Imam Tirmidzi dari Sayidah Aisyah, dia berkata;

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- أَمَرَهُمْ عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ

Sesungguhnya Nabi Saw. memerintahkan mereka, untuk anak laki-laki dengan dua ekor kambing dan anak perempuan dengan satu ekor kambing.”

 



BincangSyariah.Com dikelola oleh jaringan penulis dan tim redaksi yang butuh dukungan untuk bisa menulis secara rutin. Jika kamu merasa kehadiran Bincangsyariah bermanfaat, dukung kami dengan cara download aplikasi Sahabat Berkah. Klik di sini untuk download aplikasinya. Semoga berkah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here