Hukum Membaca Puji-pujian Shalawatan Sebelum Melaksanakan Shalat Berjemaah

2
2665

BincangSyariah.Com – Di sebagian daerah, waktu antara adzan dan iqamah umumnya diisi dengan lantunan pujian shalawat dan bacaan zikir. Selain bertujuan agar jeda waktu antara adzan dan iqamah tidak terbuang sia-sia, juga dimaksudkan untuk memanggil masyarakat sekitar untuk datang berjamaah. Sebenarnya, bagaimana hukum membaca puji-pujian sebelum melaksanakan shalat berjemaah?

Membaca pujian yang berisi shalawat dan zikir kepada Allah antara adzan dan iqamah hukumnya diperbolehkan. Tidak ada larangan dalam Islam untuk membaca pujian sebelum melaksanakan shalat berjemaah. Bahkan hal itu dianjurkan jika bertujuan menunggu dan memanggil masyarakat sekitar untuk datang berjemaah.

Selain itu, secara umum, melantunkan pujian di dalam masjid, termasuk sebelum melaksanakan shalat berjemaah, hukumnya diperbolehkan. Menurut ulama Hanafiyah, membaca pujian di dalam masjid jika pujian tersebut berisi shalawat, zikir, peringatan dan hikmah, maka hal itu termasuk perbuatan hasan atau baik, tidak dilarang dalam Islam.

Hal ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Fiqh ala Al-Madzahib Al-Arba’ah berikut;

الحنفية قالوا : الشعر في المسجد ان كان مشتملا على مواعظ وحكم وذكر نعمة الله وصفة المتقين فهو حسن

Ulama Hanafiyah berkata, ‘Melantunkan syair atau pujian jika pujian itu berisi peringatan, hikmah dan menyebut nikmat Allah dan sifat-sifat orang-orang yang bertakwa, maka hal itu adalah baik.

Ulama Malikiyah juga berpendapat sama dengan ulama Hanafiyah. Mereka mengatakan bahwa selama pujian tersebut berisi pujian kepada Allah dan Nabinya atau mengajak kepada kebaikan, maka hal itu termasuk perbuatan yang baik. Ini sebagaimana disebutkan dalam kitab Al-Fiqh ala Al-Madzahib Al-Arba’ah berikut;

المالكية قالوا : انشاد الشعر في المسجد حسن ان تضمن ثناء على الله او على رسوله او حثا على خير والا فلا يجوز

Baca Juga :  Tidak Shalat Jumat Tanpa Uzur, Apakah Boleh Shalat Zuhur Sebelum Shalat Jumat Dilaksanakan di Masjid?

Ulama Malikiyah berkata, ‘Melantunkan syair atau pujian di dalam masjid adalah baik jika berisi pujian kepada Allah dan Rasul-Nya, atau mengajak kepada kebaikan. Jika berisi demikian, maka tidak boleh.

Melalui penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa membaca pujian di dalam masjid, termasuk sebelum melaksanakan shalat berjemaah, hukumnya diperbolehkan. Selama pujian tersebut berisi shalawat, zikir dan ajakan kebaikan, maka tidak masalah melantunkan syair dan pujian di dalam masjid. (Baca: Ini Keutamaan Baca Shalawat Setelah Shalat Wajib)

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here