Pengertian Wakaf dan Wakaf Uang

0
168

BincangSyariah.Com – Wakaf adalah perbuatan hukum wakif untuk memisahkan dan/atau menyerahkan sebagian harta benda miliknya untuk dimanfaatkan selamanya atau untuk jangka waktu tertentu sesuai dengan kepentingannya guna keperluan ibadah dan/atau kesejahteraan umum menurut syariat. (lihat, UU No. 41 Tahun 2004).

Sementara itu, wakaf uang adalah wakaf berupa uang yang dapat dikelola secara produktif, hasilnya dimanfaatkan untuk mauquf ‘alaih. (Lihat peraturan BWI no. 1 Tahun 2009, pasal 1.3)

Adapun contoh wakaf uang adalah Bapak A ingin mewakafkan 40 sajadah untuk sebuah masjid. Ia menyerahkan uang sebesar Rp. 1 juta untuk pembelian 40 sajadah @ Rp. 25 ribu kepada pengurus masjid. Maka, uang Rp. 1 juta tersebut adalah bagian dari wakaf uang, yang artinya sebelum dibelanjakan berupa pengadaan barang harus melalui rekening nadzir (pengelola) wakaf uang yang terdaftar LKS PWU.

 

Sumber: buku Handbook Tanya Jawab Wakaf Uang; Tim Penyusun Forum Lembaga Keuangan Syariah Penerima Wakaf Uang Badan Wakaf Indonesia (BWI) halaman 2-3.

Baca Juga :  Cukupkah, Membaca al-Fatihah pada Shalat di Dalam Hati?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here