Panduan Salat Idulfitri

0
980

BincangSyariah.Com – Idulfitri adalah  hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal pada penanggalan Hijriyah. Dan salat yang dilakukan pada pagi hari itu dinamakan dengan salat Idulfitri. Salat Idulfitri disyariatkan pertama pada tahun ke-2 Hijriyah. Adapun hukum melaksanakannya adalah sunnah muakkad (sangat dianjurkan).

Adapun dalil tentang disyariatkannya salat Idulfitri adalah sebagai berikut.

 كاَنَ رَسُوْلُ اللهِ صَلّىَ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَاْلاَضْحَى اِلَى الْمُصَلَّى، فَاَوَّلُ شَيْئٍ يَبْدَأُ بِهِ الصَّلاَةُ، ثُمَّ يَنْصَرِفُ، فَيَكُوْنُ مُقَابِلَ النَّاسِ، وَالنَّاسُ جُلُوْسٌ عَلَى صُفُوْفِهِمْ، فَيَعِظُهُمْ وَيَأْمُرُهُمْ فَاِنْ كاَنَ يُرِيْدُ اَنْ يَقْطَعَ بَعْثًا قَطَعَهُ، اَ,ْ يَأْمُرَ بِشَيْئٍ اَمَرَبِهِ، ثُمَّ يَنْصَرِفُ

Pada hari raya Idulfitri dan Adha, Rasulullah SAW ke luar menuju tempat salat. Maka, hal yang pertama-tama beliau lakukan ialah salat, kemudian berlalu. Terus menghadap kepada orang banyak, sedang orang-orang itu duduk bershaf-shaf. Lalu beliau menasihati mereka dan memberi perintah. Jika beliau berkehendak mengirim suatu utusan maka beliau lakukan, atau hendak menyuruh sesuatu maka beliau perintahkan, sesudah itu beliau pun berlalu. 

Secara umum syarat dan rukun salat Id sama dengan salat wajib lima waktu. Namun yang berbeda dengan yang lainnya adalah waktu dan beberapa teknis sunnah lainnya. Adapun waktu pelaksanaan salat Idulfitri adalah  dimulai dari terbitnya matahari setinggi tombak hingga masuk waktu zawal (matahari bergeser ke arah barat).

Salat Idulfitri diawali dengan takbir yang beriringan dengan niat. Adapun niat salatnya adalah sebagai berikut:

أُصَلِّي رَكْعَتَيْنِ سُنَّةً لعِيْدِ اْلفِطْرِ (مَأْمُوْمًا\إِمَامًا) لِلهِ تَعَــــالَى

“Aku berniat salat sunnah Idulfitri dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala.”

Setelah sempurnanya takbir dan niat, lanjut membaca doa Iftitah seperti biasa. Kemudian disunahkan takbir lagi sebanyak tujuh kali dengan membaca tasbih diantara takbir-takbir tersebut. Adapun bacaan tasbihnya adalah berikut ini:

Baca Juga :  Dalil dan Hikmah Disyariatkannya Zakat Fitrah

سُبْحَانَ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ وَلاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ

Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah Maha Besar.”

Selanjutnya adalah membaca surat Al Fatihah. Setelah selesai membacanya, disunnahkan untuk melanjutkan membaca surat Al-‘A’la. Rukun selanjutnya adalah rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud, dan kembali berdiri seperti salat pada umumnya.

Pada saat posisi berdiri tersebut, disunnahkan kembali bertakbir sebanyak lima kali, seraya mengangkat tangannya dan kembali membaca bacaan tasbih seperti rakaat pertama. Kemudian membaca surat Al Fatihah seperti biasa. Setelah itu disunnahkan untuk membaca surat Al-Ghasyiyah. Dari An-Nu’man bin Basyir, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقْرَأُ فِى الْعِيدَيْنِ وَفِى الْجُمُعَةِ بِ (سَبِّحِ اسْمَ رَبِّكَ الأَعْلَى) وَ (هَلْ أَتَاكَ حَدِيثُ الْغَاشِيَةِ) قَالَ وَإِذَا اجْتَمَعَ الْعِيدُ وَالْجُمُعَةُ فِى يَوْمٍ وَاحِدٍ يَقْرَأُ بِهِمَا أَيْضًا فِى الصَّلاَتَيْنِ.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa membaca dalam salat Id maupun salat Jumat “Sabbihisma robbikal a’la” (surat Al A’laa)dan “Hal ataka haditsul ghosiyah” (surat Al Ghosiyah).” An Nu’man bin Basyir mengatakan begitu pula ketika hari Id bertepatan dengan hari Jumat, beliau membaca kedua surat tersebut di masing-masing salat.

Dilanjutkan dengan rukuk, sujud, duduk di antara dua sujud hingga berakhir dengan salam. Setelah salam, disunnahkan untuk mendengarkan khutbah salat Idulfitri terlebih dahulu. Tak perlu buru-buru untuk bersalam dengan kerabat atau tetangganya.  Hadits Ubaidullah bin Abdullah bin Utbah mengungkapkan:

السنة أن يخطب الإمام في العيدين خطبتين يفصل بينهما بجلوس

“Sunah seorang Imam berkhutbah dua kali pada salat hari raya (Idulfitri dan Iduladha), dan memisahkan kedua khutbah dengan duduk.” (HR Asy-Syafi’i).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here