Orang yang Faqih Lebih Berhak Menjadi Imam Salat Dibanding Lainnya

0
477

BincangSyariah.Com – Ada tiga kriteria utama yang perlu dipenuhi untuk menjadi imam salat berjamaah. Pertama, fiqh atau mengerti terkait hukum-hukum salat. Kedua, qiraah atau lancar dan fasih bacaan Alqurannya. Ketiga, wara’ atau bisa menjaga diri dari perbuatan maksiat. Jika ketiga kriteria ini hanya sebagian saja yang ada dalam diri seseorang, maka orang yang faqih lebih berhak menjadi imam salat berjamaah dibanding lainnya.

Hal ini karena keabsahan salat berjamaah lebih penting dibanding bagusnya bacaan Alquran atau lainnya. Dan yang paling mengerti tentang keabsahan salat adalah orang yang faqih. Karena itu, orang yang faqih lebih didahulukan dibanding lainnya. Ini sebagaimana dikatakan oleh Imam Assuyuthi dalam kitabnya Al Asybah wan Nadzoir berikut;

لو اجتمع في الإمامة الأفقه ، والأقرأ ، والأورع الأصح : تقديم الأفقه عليهما ، لاحتياج الصلاة إلى مزيد الفقه ،

“Jika berkumpul untuk menjadi imam antara orang yang faqih, qari’ dan orang yang wara’, maka menurut pendapat yang paling sahih adalah mendahulukan orang yang faqih atas keduanya. Hal ini karena kebutuhan salat terhadap tambahan pemahaman (terkait hukum-hukum salat).”

Dalam kitab Hasyiyatus Syarqawi juga disebutkan bahwa orang yang faqih lebih didahulukan untuk menjadi imam dibanding lainnya. Hal ini karena Nabi saw. menyuruh Abu Bakar untuk menjadi imam salat dibanding sahabat yang lain. Ini tak lain karena Abu Bakar lebih mengerti tentang hukum-hukum salat dibanding sahabat yang lain, meski sahabat yang lain lebih banyak hafalan Alqurannya dibanding Abu Bakar.

ثم اذا اجتمع ممن له أهلية الإمامة جماعة فيقدم منهم الأفقه في الصلاة على غيره لأنه صلى الله عليه و سلم قدم أبا بكر للصلاة و غيره أحفظ منه

Baca Juga :  Amalan Sunah saat Idulfitri

“Kemudian jika berkumpul di antara orang yang memiliki kriteria menjadi imam salat berjamaah, maka didahulukan orang yang faqih untuk menjadi imam salat dibanding lainnya. Hal ini karena Nabi saw. mendahulukan Abu Bakar untuk menjadi imam salat, padahal sahabat yang lain lebih banyak hafalan Alqurannya dibanding dia.”

Dari keterangan di atas, kriteria pertama dan utama ketika mencari imam salat berjamaah adalah orang yang mengerti terkait hukum-hukum salat. Baru kemudian orang yang bagus bacaan Alqurannya, dan seterusnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here