Bolehkah Niat I’tikaf Ketika Sedang Shalat?

0
1194

BincangSyariah.Com – Ketika kita berada di dalam masjid, kadang kita lupa untuk melakukan niat i’tikaf dan baru ingat ketika kita sedang melaksanakan shalat. Karena khawatir lupa lagi, maka kita melakukan niat i’tikaf ketika sedang melaksanakan shalat. Lantas, bagaimana hukum melakukan niat i’tikaf ketika sedang melakasanakan shalat, apakah boleh? (Enam Hal yang Dimakruhkan Saat I’tikaf)

I’tikaf merupakan aktifitas berdiam diri di dalam masjid dengan didahului dengan niat. Tanpa didahului niat, maka aktifitas berdiam diri di dalam masjid tidak disebut dengan i’tikaf dan karena itu tidak termasuk perbuatan ibadah. Hal ini sebagaimana definisi i’tikaf yang disebutkan dalam kitab Al-Taqriratus Sadidah berikut;

مكث مخصوص لشخص مخصوص فى مكان مخصوص بنية مخصوصة

Berdiam diri secara tertentu, bagi orang tertentu, di tempat tertentu dengan niat tertentu.

Dalam kitab Al-Taqriratus Sadidah juga disebutkan bahwa niat i’tikaf boleh dilakukan di dalam hati ketika kita sedang melaksanakan shalat. Selama niat i’tikaf tidak dilafadzkan, maka melakukan niat i’tikaf di dalam hati ketika sedang shalat hukumnya boleh. Artinya, niat i’tikaf dinilai sah dan juga shalat kita tidak batal. (Tujuh Syarat Sah I’tikaf)

Habib Hasan bin Ahmad bin Muhammad bin Salim Al-Kaf berkata sebagai berikut;

اذا دخل شخص الى المسجد فنسي ان ينوي الاعتكاف فهل يجوز له ان ينوي في اثناء الصلاة؟ نعم يجوز له ان ينوي بقلبه في اثناء الصلاة ولا يجوز له ان يتلفظ باللنية لانه كلام اجنبي يبطل الصلاة

Jika seseorang masuk masjid dan ia lupa melakukan niat i’tikaf, apakah ia boleh melakukan niat i’tikaf ketika sedang melaksanakan shalat? Iya, boleh baginya melakukan niat i’tikaf di dalam hatinya ketika sedang melaksanakan shalat, dan tidak boleh baginya melafadzkan niat i’tikaf karena hal itu termasuk ucapan yang bisa membatalkan shalat. (Enam Hal yang Sunah Dilakukan Saat I’tikaf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here